Jokowi Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2022 di Atas 5%

Nadya Zahira
19 Oktober 2022, 19:09
Presiden Joko Widodo menghadiri BUMN Start Up Day Tahun 2022 di Tangerang, Senin (26/09/2022).
Dok. Kementerian BUMN
Presiden Joko Widodo menghadiri BUMN Start Up Day Tahun 2022 di Tangerang, Senin (26/09/2022).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di Kuartal III-2022 akan bertahan di atas 5%. Hal ini dilihat dari pertumbuhan ekonomi di kuartal-II 2022 yang masih tumbuh 5,44% di tengah-tengah krisis dan resesi.

“Kita patut bersyukur bahwa di tengah-tengah krisis, di tengah-tengah resesi, Indonesia di kuartal II masih tumbuh 5,44 persen. Ini wajib kita syukuri. Kita termasuk negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang paling tinggi di antara negara-negara G20 maupun negara-negara lainnya,” ujar Jokowi di Trade Expo Indonesia 2022 di ICE BSD, Tangerang, pada (19/10).

Jokowi mengatakan, inflasi pada Agustus 2022 masih bisa dikendalikan di level 4,6%. Namun demikian, inflasi naik menjadi 5,9% pada September karena adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Masih bisa kita kendalikan. Kemudian, tolong nanti dibandingkan inflasi kita dengan negara-negara lain, pertumbuhan growth kita dibandingkan dengan negara-negara lain,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia telah surplus neraca perdagangan selama  29 bulan. Pada September 2022,  neraca perdagangan mencapai US$ 39,8 miliar.

"Tentu jumlah tersebut tidaklah sedikit, dan menurutnya hal ini berkat kerja keras bersama,"ujarnya.

Oleh sebab itu, Jokowi mengajak pelaku ekonomi untuk tetap optimis. "Jadi kita semuanya harus tetap optimistis meskipun lembaga-lembaga internasional menyampaikan bahwa tahun ini sulit, tahun depan akan gelap. Silakan negara-negara lain. Negara kita harus tetap optimis,” ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...