Cerita Erick Thohir di Balik Pertemuan Jokowi dan Presiden FIFA

Ira Guslina Sufa
19 Oktober 2022, 10:16
Erick Thohir
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Presiden Induk Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino memberikan keterangan kepada wartawan usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022). Dalam pertemuan tersebut Pemerintah Indonesia dan FIFA sepakat untuk melakukan transformasi menyeluruh sepak bola Indonesia serta memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan FIFA.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menjadi salah satu tokoh yang disebut turut andil dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan  Presiden FIFA Gianni Infantino. Menanggapi hal itu, Erick menyebutkan ia hanya menjalankan tugas negara. 

Menurut Erick sebagai pembantu presiden, ia diminta menjemput Gianni yang datang ke Jakarta, Selasa (18/10) pagi. Ia sebelumnya memang sudah cukup dekat dengan Gianni. Pengalaman Erick yang pernah menjadi Presiden Inter Milan, klub sepakbola ternama di Italia, menjadi alasan Jokowi meminta Erick menjemput dan mengantarkan Gianni ke Istana Negara. 

"Saya diminta Presiden Joko Widodo untuk menjemput Gianni Ifantino, dan mengantarkan ke Istana untuk kemudian bertemu empat mata dengan Bapak Presiden. Setelah itu, saya mengantarkan Gianni ke hotel tempatnya menginap," kata Erick Thohir di Jakarta, Selasa (18/10) petang.

Erick mengatakan, meski diminta menjemput dan mengantar Gianni ia tak mengetahui apa isi pembicaraan antara Presiden Jokowi dan Gianni. Ia sendiri tak ikut dalam pertemuan yang berlangsung lebih dari sejam tersebut.

Ia menduga pembicaraan antara kedua tokoh itu tak jauh dari upaya transformasi sepakbola Tanah Air usai tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang. Hal itu didasarkan pada isi keterangan pers yang disampaikan Presiden Jokowi dan Gianni usai pertemuan. 

 Selain itu, menurut Erick surat dari Presiden Jokowi ke FIFA juga berisi upaya perbaikan dunia sepakbola nasional. Erick juga menjadi orang yang ditugaskan Jokowi untuk mengantarkan surat pada Gianni sebelum ia datang ke Indonesia. 

“Mari kita sama-sama berharap, pertemuan bersejarah tersebut akan membawa perbaikan menyeluruh bagi sepakbola nasional," ujar Erick.

Tragedi Kanjuruhan terjadi usai laga Arema FC melawan Persebaya pada Sabtu (1/10) di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Berdasarkan data resmi, hingga kemarin total korban akibat tragedi Kanjuruhan menjadi 708 orang, dengan 133 meninggal dunia, dan 575 lainnya mengalami luka-luka. Dari jumlah tersebut, 23 di antaranya mengalami luka berat.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...