Ekspor RI Diprediksi Tetap Tumbuh pada 2023, Ini Sektor Paling Moncer

Nadya Zahira
9 November 2022, 17:22
Suasana aktivitas bongkar muat kontainer di PT Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Senin (17/10/2022). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada bulan September 2022 mengalami surplus sebesar 4,99 miliar dolar AS, den
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/tom.
Suasana aktivitas bongkar muat kontainer di PT Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Senin (17/10/2022). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada bulan September 2022 mengalami surplus sebesar 4,99 miliar dolar AS, dengan nilai ekspor 24,80 miliar dolar AS dan nilai impor 19,81 miliar dolar AS pada bulan September 2022.

Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia atau GPEI optimistis bahwa ekspor Indonesia pada 2023 akan tumbuh lebih baik dibandingkan tahun ini. Pertumbuhan ekspor tersebut akan tetap terjadi meskipun ada ancaman resesi global pada 2023.

"Permintaan-permintaan ekspor itu masih cukup besar, jadi tidak ada kata pesimis, kita optimis ekspor kita di 2023 kebih baik dari pada 2022," ujar Ketua Umum Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia Khairul Mahali di Hotel Raffles, Jakarta, pada Rabu (9/11). 

 Khairul mengatakan, ekonomi Indonesia cukup baik dilihat dari Trade Expo Indonesia ke-37 2022, yang berhasil meraup hasil transaksi sebesar US$ 2,94 Miliar. 

Sementara itu Vice President Head of Insurance at Indonesia Eximbank, Marsinta Mutiara Gultom, mengatakan terdapat beberapa sektor industri manufaktur yang masih dalam kondisi penyembuhan setelah masa pandemi Covid-19. Sektor tersebut adalah tekstil dan garmen.

 "Benar sekali ada yg bilang tekstil dan garmen sembuhnya masih lama, tapi bukan berarti jelek. Artinya dari sisi eksporting kita harus hati-hati dan bagaimana kita pinter dalam mencari buyersnya," ujar Marsinta. 

 Namun demikian, Marsinta menuturkan, terdapat beberapa sektor yang tumbuh dan tidak terpengaruhi resesi 202. Misalnya saja industri makanan dan minuman. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...