Rekap Lengkap Piala Dunia, Tiga Tim Lolos 16 Besar dan Dua Tersingkir

Tia Dwitiani Komalasari
29 November 2022, 07:49
Pemandangan umum stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.
AP Photo/Luca Bruno
Pemandangan umum stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.

Prancis, Brazil, dan Portugal menjadi tiga tim pertama yang lolos ke babak 16 besar. Tiga tim nasional atau timnas tersebut berhasil lolos setelah memenangkan laga kedua mereka masing-masing dan tinggal menyisakan satu pertandingan.

Sebaliknya, tuan rumah Qatar dan Kanada menjadi dua tim yang tersisih apa pun hasil pertandingan terakhir mereka masing-masing. Keduanya kalah dalam dua pertandingan pertama fase grup.

Prancis, Brazil, dan Portugal masing-masing memuncaki Grup D, Grup G, dan Grup H. Masing-masing mengumpulkan enam poin usai memenangkan dua pertandingan pertama grupnya.

Ketiga tim kini bisa leluasa melakukan rotasi pemainnya pada pertandingan ketiganya dalam rangkaian pertandingan terakhir fase grup mulai Senin sore (5/12) pukul 17.00 WIB nanti.

Rangkaian pertandingan kedua di sejumlah grup juga terjadi kejutan dan heroisme. Kejutan terjadi ketika Maroko menjungkalkan peringkat kedua dunia, Belgia, dengan dua gol tanpa balas.

Sedangkan heroisme tercipta manakala Argentina, Ghana, Iran, Kosta Rika, Australia, dan Senegal sama-sama melakukan pembalikan luar biasa dengan memenangkan pertandingan kedua.

Keenam tim terjungkal pada pertandingan pertama sehingga kemenangan dalam laga kedua ini menghidupkan asa lolos ke babak knockout.

Lima grup lainnya masih harus menentukan siapa di antara mereka yang bisa memuncaki grupnya masing-masing.

Kondisi masing-masing grup

Di Grup A, Belanda, Ekuador dan Senegal ketat bersaing menjadi dua tim yang mewakili grup ini ke babak 16 besar. Belanda dan Ekuador cukup mendapatkan hasil seri agar bisa lolos ke babak knockout, sedangkan Senegal mutlak memenangkan pertandingan terakhirnya.

Skenario relatif sama terjadi di Grup B di mana Inggris sedikit lebih baik ketimbang Iran, Amerika Serikat dan apalagi Wales. Inggris cukup mendapatkan seri dari pertandingan terakhir melawan Wales. Sebaliknya tiga tim lainnya wajib menang agar bisa lolos ke babak 16 besar.

Situasi paling pelik dihadapi Wales yang diwajibkan menang empat gol, sambil berharap pertandingan Iran melawan Amerika Serikat berakhir seri.

Situasi sama dengan Grup B terjadi di Grup C. Polandia memuncaki grup ini dengan empat poin, disusul Argentina dan Arab Saudi dengan tiga poin. Tetapi Polandia dalam bahaya besar karena lawan terakhirnya adalah Argentina yang diwajibkan memenangkan laga terakhirnya agar lolos ke 16 besar.

Semua dalam grup ini masih berpeluang ke 16 besar dengan situasi paling pelik dihadapi Meksiko yang selain diharuskan mengalahkan Arab Saudi juga dipaksa tergantung kepada hasil pertandingan Polandia vs Argentina.

Jika Polandia dan Argentina seri, dan Meksiko mengalahkan Arab Saudi, maka Polandia dan Argentina lolos karena keduanya unggul selisih gol dari Meksiko. Pun dengan Saudi, mereka diwajibkan mengalahkan Meksiko agar lolos ke babak knockout

Di Grup D, Australia yang mengemas tiga poin dan Denmark serta Tunisia yang sama-sama mengumpulkan satu poin, bertarung menjadi pendamping Prancis ke babak enam belas besar.

Di Grup E, Spanyol yang memimpin dengan 4 poin masih belum aman walau cukup mendapatkan seri dari pertandingan terakhirnya melawan Jepang. Jepang, Kosta Rika dan Jerman masih berpeluang lolos ke 16 besar.

Di Grup F, Kroasia, Maroko dan Belgia menjadi tiga tim yang berpeluang ke 16 besar. Kroasia dan Maroko cukup mendapatkan hasil seri dari pertandingan terakhirnya masing-masing melawan Belgia dan Kanada.

Ini pekerjaan teramat sulit karena Belgia dan Kanada akan berusaha sekeras mungkin dengan alasan berbeda. Belgia harus menang agar lolos, sedangkan Kanada ingin pulang dengan kepala tegak.

Di Grup G, Swiss, Kamerun dan Serbia masih berpeluang menjadi pendamping Brazil ke babak knockout. Ketiga tim diwajibkan menang. Namun Swiss cukup seri melawan Serbia, dengan catatan pertandingan Brazil lawan Kamerun berakhir seri atau dimenangkan Brazil.

Situasi sama terjadi di Grup G di mana Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay sama-sama berpeluang mendampingi Portugal ke 16 besar. Ghana cukup mendapatkan seri melawan Uruguay, dengan catatan Korea Selatan juga seri atau dikalahkan Portugal.

Ringkasan rangkaian pertandingan kedua

Berikut ringkasan 16 pertandingan dalam rangkaian pertandingan kedua dalam fase grup selama empat hari terakhir.

GRUP A

Qatar vs Senegal 1-3
Qatar menjadi tim pertama yang tersingkir dari Piala Dunia 2022 setelah dibantai Senegal 1-3 lewat gol Boulaye Dia, Famara Diedhiou dan Bamba Dieng, sedangkan Qatar membalas satu gol melalui Mohammed Muntari.
Hasil ini membuat Senegal yang dikalahkan Belanda dalam pertandingan pertama, menjaga asa ke 16 besar.

Belanda vs Ekuador 1-1
Belanda gagal membungkus kemenangan yang bisa memastikan mereka ke 16 besar setelah gol Cody Gakpo disamakan Enner Valencia sehingga kedua tim bermain seri 1-1.

GRUP B

Inggris vs Amerika Serikat 0-0
Inggris dibuat frustrasi oleh Amerika Serikat sehingga laga kedua antara kedua tim berakhir imbang 0-0.
Inggris gagal lolos cepat ke 16 besar dan mesti mendapatkan minimal hasil seri melawan Wales dalam laga terakhir, sedangkan AS wajib menang dari Iran dalam pertandingan terakhir fase grup ini.

Iran vs Wales 2-0
Dua gol pada waktu tambahan babak kedua membawa Iran bangkit dari pembantaian 2-6 Inggris dalam laga pertama, dengan menaklukkan Wales 2-0 pada lanjutan pertandingan keduanya di Grup B
Iran mendapatkan dua gol dari Rouzbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian, sehingga asa ke 16 besar pun terpelihara.

GRUP C

Polandia vs Arab Saudi 2-0
Polandia menjungkalkan kejutan terbesar Piala Dunai 2022, Arab Saudi, dengan 2-0 berkat gol-gol Piotr Zielinski dan Robert Lewandowski.
Ini adalah gol pertama Lewandowski dalam ajang Piala Dunia.

Argentina vs Meksiko 2-0
Gol Lionel Messi dan pemain pengganti Enzo Fernandez membawa Argentina menaklukkan Meksiko 2-0 yang sekaligus menghidupkan peluang Albiceleste lolos ke babak knockout setelah ditumbangkan Arab Saudi 1-2 dalam pertandingan pertama.
Argentina tampil jauh lebih klinis dibandingkan dengan saat menghadapi Saudi sehingga mendapatkan kembali performa yang membuat mereka favorit kuat juara dunia.

GRUP D

Australia vs Tunisia 1-0
Australia juga bangkit setelah dibantai Prancis 1-4 dalam pertandingan pertama, dengan menang tipis 1-0 atas Tunisia dalam pertandingan keduanya di Grup D berkat gol Mitchell Duke.
Ini juga kemenangan pertama putaran final Piala Dunia Socceroos dalam 12 tahun terakhir yang juga menjaga asa lolos ke babak knockout.

Prancis vs Denmark 2-1
Kylian Mbappe mencetak dua gol yang membawa juara bertahan Prancis mengalahkan Denmark 2-1 dan sekaligus menjadikan Prancis tim pertama yang lolos ke 16 besar Piala Dunia.
Mereka memimpin berkat gol Mbappe saat laga masuk satu jam. Tak lama kemudian Andreas Christensen menyamakan kedudukan sebelum Mbappe kembali mencetak gol pada menit ke-86 setelah meneruskan umpan silang Antoine Griezmann.

GRUP E

Kosta Rika vs Jepang 1-0
Kosta Rika juga segera melupakan kekalahan memalukan 0-7 dari Spanyol pada laga pertama dengan bangkit menumbangkan kejutan besar lainnya dalam Piala Dunia ini, Jepang, yang mereka kalahkan 1-0 berkat gol Keysher Fuller pada menit ke-81.
Kosta Rika pun masih memiliki harapan lolos ke babak knockout

Spanyol vs Jerman
Gol menit-menit terakhir Niclas Fullkrug menyelamatkan Jerman dari kekalahan melawan Spanyol sehingga laga kedua Grup E ini berakhir imbang 1-1.
Spanyol unggul terlebih dahulu lewat gol Alvaro Morata pada babak kedua yang baru disamakan Jerpan pada menit ke-83 dari gol Fullkrug.

GRUP F

Kroasia vs Kanada 4-1
Kroasia membukukan kemenangan penting untuk memastikan peluang melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar tetap terbuka ketika dua gol Andrej Kramaric menginspirasi kemenangan 4-1 dan sekaligus menyingkirkan Kanada dalam pertandingan kedua Grup F.
Tim besutan Zlatko Dalic sempat dikejutkan oleh gol Alphonso Davies pada menit kedua. Namun Kramaric menyamakan kedudukan dan kemudian disusul Marko Livaja.
Pada babak kedua Kramaric dan Lovro Majer memastikan Kroasia memetik kemenangan pertamanya dalam turnamen ini setelah imbang tanpa gol melawan Maroko dalam laga pertama.

Maroko vs Belgia 2-0
Maroko menjadi tim ketiga yang membuat kejutan besar dalam Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan peringkat kedua FIFA Belgia dengan skor 2-0.
Gol Maroko lahir pada menit ke-73 melalui tendangan bebas Abdelhamid Sabiri dan spakan terukur Zakaria Aboukhlal pada menit 90+2.

GRUP G

Kamerun vs Serbia 3-3
Drama enam gol membuat laga Kamerun versus Serbia imbang 3-3.
Pertandingan berjalan sengit dengan Kamerun unggul terlebih dahulu berkat gol Jean-Charles Castelletto yang dibalas Serbia oleh dua gol yang dilesakkan Strahinja Pavlovic dan Sergej Milinkovic-Savic.
Serbia di atas angin kertika Aleksandar Mitrovic mengubah kedudukan 3-3, namun Vincent Aboubakar dan Eric Maxim Choupo-Moting datang menyelamatkan Kamerun dari kekalahan.

Brazil vs Swiss 1-0
Brazil memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Swiss 1-0 berkat gol semata wayang Casemiro usai memanfaatkan umpan Rodrygo.

GRUP H

Ghana vs Korea Selatan 3-2
Ghana sukses mengatasi Korea Selatan dengan tiga gol yang dibalas dua gol oleh Korea dalam laga kedua mereka di Grup H.
Ghana unggul 2-0 berkat Mohammed Salisu dan Mohammed Kudus, namun Korea Selatan menyamakan kedudukan lewat dua gol Cho Gue-sung. Kudus menjadi pahlawan kemenangan Ghana berkat golnya pada menit ke-68.

Portugal vs Uruguay 2-0
Portugal menjadi tim ketiga yang memastikan lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Uruguay 2-0 berkat dua gol Bruno Fernandes . Mereka menyusul Prancis dan Brazil lolos ke babak knockout.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait