Klasemen Akhir Grup A: Belanda dan Senegal Lolos 16 Besar Piala Dunia

Tia Dwitiani Komalasari
30 November 2022, 07:27
Suporter sepak bola Senegal memperingati legenda Papa Bouba Diop yang meninggal dua tahun lalu, Selasa (29/11).
Twitter FIFA.com
Suporter sepak bola Senegal memperingati legenda Papa Bouba Diop yang meninggal dua tahun lalu, Selasa (29/11).

Belanda  dan Senegal dipastikan lolos 16 besar Piala Dunia 2022 di Qatar. Sementara Qatar menempati posisi terbawah sekaligus menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama yang menyudahi fase grup tanpa poin satu pun.

Cody Gakpo kembali mencetak gol ketika Belanda membukukan tempatnya dalam 16 besar Piala Dunia dengan status juara Grup A usai menaklukkan Qatar 2-0. Belanda hanya membutuhkan satu poin untuk memastikan diri ke babak knockout.

Gakpo membuka gol pada babak pertama. Gol kemudian digandakan Frenkie de Jong pada menit ke-49 dalam laga terakhir Grup A di Stadion Al Bayt.

Tim asuhan Louis van Gaal mengakhiri fase grup dengan tujuh poin guna memuncaki klasemen Grup A, disusul Senegal enam poin pada urutan kedua sebagai runner up grup setelah menang 2-1 atas Ekuador.

Senegal mengamankan tiket ke 16 besar Piala Dunia 2022 setelah menang 2-1 melawan Ekuador pada pertandingan terakhir Grup A di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Selasa (29/11).

Ekuador harus puas menduduki urutan ketiga dengan tiga poin, sedangkan Qatar tanpa poin pada urutan keempat.

Tim Oranye akan menantang runner up Grup B, Amerika Serikat. dalam perebutan satu tempat perempat final Sabtu pekan ini di Stadion Khalifa International. Sedangkan Senegal akan menantang juara Grup B, Inggris.

 Piala Dunia sebagai turnamen tertinggi sepak bola ditonton oleh orang di seluruh penjuru dunia. Berdasarkan Statista, rata-rata penonton yang menghadiri pertandingan piala dunia di stadion sejak 1986 di Meksiko sampai 2018 di Rusia sekitar 40 ribu hingga lebih dari 50 ribu penonton.

Sebanyak 3,03 juta orang menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018 secara langsung di stadion. Kehadiran rata-rata pada pertandingan Piala Dunia tahun tersebut mencapai 47.371.

 

 

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait