Klasemen Grup D: Australia Wakil Asia Pertama ke 16 Besar Piala Dunia

Tia Dwitiani Komalasari
1 Desember 2022, 06:21
Pemandangan umum stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.
AP Photo/Luca Bruno
Pemandangan umum stadion sebelum dimulainya pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.

Australia menjadi salah satu wakil Asia Foorball Confederation atau AFC pertama yang lolos 16 besar Piala Dunia. Bersama dengan Tunisia, Australia membuat kejutan besar dalam pertandingan terakhir mereka di Grup D Piala Dunia 2022.

Namun mereka berbeda nasib setelah mencetak kemenangan bersejarah itu. Kemenangan 1-0 Australia atas Denmark sukses mengantarkan mereka ke 16 besar setelah finis urutan kedua dengan enam poin. Sementara perlawanan Tunisia atas juara bertahan Prancis dengan skor sama tak bisa mengantarkan mereka ke 16 besar.

Dua tim yang dianggap tim-tim lemah di Grup D ini tampil cemerlang pada pertandingan terakhirnya untuk menjungkalkan Prancis dan Denmark yang menjadi kekuatan besar sepak bola dunia dan Eropa. Setahun lalu Denmark adalah semifinalis Euro 2020.

Namun demikina, hasil kedua pertandingan ini tak mempengaruhi posisi Prancis sebagai juara Grup D dengan enam poin yang sama dengan Australia. Les Bleus tetap jadi juara grup karena menang selisih gol.

Tunisia finis pada posisi ketiga dengan 4 poin setelah sekali menang, sekali seri dan sekali kalah. Sementara Denmark yang difavoritkan menjadi pendamping Prancis ke 16 besar menduduki urutan terakhir dengan 1 poin setelah dua kali kalah dan sekali seri.

Australi menjadi wakil AFC (Asia) pertama yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Gol tunggal Mathew Leckie membuat mereka mengulangi pencapaian serupa pada Piala Dunia 2006.

Dua wakil Asia lainnya sudah tersingkir dari turnamen ini, yakni tuan rumah Qatar dan Iran. Sementara dua lainnya, yakni Jepang dan Korea Selatan, berpotensi menyusul sukses Australia.

 Piala Dunia menghasilkan beberapa momen tak terlupakan bagi pecinta olahraga, seperti jumlah gol yang dihasilkan. Piala Dunia 1998 di Prancis dan Piala Dunia 2014 di Brasil mencatatkan jumlah gol terbanyak, yakni sebanyak 171.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...