Jadwal Pertandingan 16 Besar Piala Dunia 2022

Tia Dwitiani Komalasari
2 Desember 2022, 09:11
Kiper Argentina Emiliano Martinez melihat bola ke gawang setelah Salem Al-Dawsari dari Arab Saudi mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 No
AP Photo/Ricardo Mazalan
Kiper Argentina Emiliano Martinez melihat bola ke gawang setelah Salem Al-Dawsari dari Arab Saudi mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.

Piala Dunia 2022 akan memasuki babak 16 besar mulai Sabtu (2/12). Juara dan runner-up masing-masing grup akan berlaga dalam babak 16 besar ini.

Sementara itu di hari terakhir babak penyisihan, Jumat (2/12), Swiss dan Serbia akan bertarung memperebutkan jatah terakhir Grup G untuk kursi babak penyisihan. Sementara Brasil sudah memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia.

Swiss terlihat berada dalam posisi lebih baik sebagai pendamping Brasil dari Grup G ke babak 16 besar karena sudah memiliki tiga poin. Sebaliknya Serbia hanya memiliki satu pilihan agar bisa lolos ke babak penyisihan, yakni mengalahkan Swiss dalam laga ini.

Jika mendapatkan hasil seri, maka itu hanya akan mempersulit Serbia, kecuali Kamerun menumbangkan Brazil dalam laga Grup G lainnya. Andai ini yang terjadi maka siapa pendamping Brazil akan ditentukan oleh selisih gol.

Grup H

Sementara di Grup H, Portugal teah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Dalam pertandingan di Grup H, Ronaldo dkk akan berhadapan dengan timnas Korea Selatan. Korea Selatan harus mengalahkan Portugal jika ingin lolos 16 besar Piala Dunia.

Di sisi lain, Ghana menghadapi Uruguay dalam pertandingan terakhirnya di Grup H. Hasil imbang juga sudah cukup bagi Ghana untuk menemani Portugal ke fase knockout.

Tetapi mendapatkan satu poin pun memerlukan perjuangan berat dari tim Afrika Barat ini mengingat siapa pun di Grup H masih berpeluang lolos ke 16 besar. Uruguay juga dituntut memenangkan laga ini. 

Pertandingan grup G dan H merupakan laga penyisihan piala dunia terakhir. Selanjutnya, mereka akan masuk ke 16 besar mulai Sabtu (3/12).

Berikut Jadwal 16 Besar Piala Dunia 2022:

Sabtu, 3 Desember 2022

Pukul 22.00 WIB Belanda Vs Amerika Serikat

Minggu, 4 Desember 2022

Pukul 02.00 WIB Argentina Vs Australia
Pukul 22.00 WIB Prancis Vs Polandia

Senin, 5 desember 2022

Pukul 02.00 WIB Inggris Vs Senegal
Pukul 22.00 WIB Jepang Vs Kroasia

Selasa 6 Desember 2022

Pukul 02.00 WIB Juara Grup G vs Runner Up Grup H
Pukul 22.00 WIB Moroko Vs Spanyol

Rabu, 7 Desember 2022

Pukul 02.00 WIB Juaran Grup H Vs Runner up Grup G

Piala Dunia sebagai turnamen tertinggi sepak bola ditonton oleh orang di seluruh penjuru dunia. Berdasarkan Statista, rata-rata penonton yang menghadiri pertandingan piala dunia di stadion sejak 1986 di Meksiko sampai 2018 di Rusia sekitar 40 ribu hingga lebih dari 50 ribu penonton.

Sebanyak 3,03 juta orang menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018 secara langsung di stadion. Kehadiran rata-rata pada pertandingan Piala Dunia tahun tersebut mencapai 47.371.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait