Daftar Merek dan Harga Mobil Listrik yang Dapat Subsidi Rp 80 Juta

Tia Dwitiani Komalasari
15 Desember 2022, 09:59
Pengunjung mengamati mobil listrik Wuling Air ev yang dipamerkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (12/8/2022). Wuling Air ev
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.
Pengunjung mengamati mobil listrik Wuling Air ev yang dipamerkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (12/8/2022). Wuling Air ev merupakan mobil listrik pertama Wuling yang mengusung desain future-tech yang menawarkan smart driving experience dengan fitur-fitur canggih serta perintah suara pintar berbahasa Indonesia pertama pada WIND (Wuling Indonesian Command).

Pemerintah sedang menyiapkan subsidi atau insentif bagi konsumen yang akan membeli mobil listrik berbasis baterai dan hybrid. Namun demikian, tidak semua mobil listrik akan mendapatkan subsidi.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan bahwa subsidi hanya akan diberikan bagi konsumen yang membeli produk kendaraan listrik buatan pabrik di Indonesia. Dengan demikian, konsumen yang membeli kendaraan listrik impor tidak akan mendapatkan insentif ini.

Agus mengatakan, salah satu tujuan dari pemberian insentif ini adalah untuk mempercepat realisasi investasi industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Dengan ada insentif mobil listrik, kita akan memaksa produsen dunia untuk mempercepat realisasi investasi kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya melalui video konferensi pers yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Kamis (15/12).

Adapun jumlah subsidi yang diberikan untuk mobil listrik berbasis baterai senilai Rp 80 juta per unit. Saat ini, baru dua produsen yang memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia yaitu Hyundai dan Wuling. 

Sementara subsidi untuk mobil hybrid senilai Rp 40 juta per unit. Sejauh ini baru Suzuki, Wuling, dan Toyota yang mulai meluncurkan mobil hybrid buatan pabrik Indonesia.

Daftar Harga dan merek mobil listrik berbasis baterai yang berhak dapat subsidi Rp 80 juta:

1. Hyundai Ioniq

Hyundai Ioniq Electric Prime

Harga normal: Rp 682 juta
Harga subsidi: Rp 602 juta

Hyundai Ioniq Electric Signature

Harga normal: Rp 723 juta
Harga subsidi: Rp 643 juta

Hyundai Kona Electric Signature

Harga normal: Rp 742 juta
Harga subsidi: Rp 662 juta

Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range

Harga normal: Rp 748 juta
Harga subsidi: Rp 668 juta

Hyundai Ioniq 5 Prime Long Range

Harga normal: Rp 789 juta
Harga subsidi: Rp 709 juta

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...