Daftar Merek dan Harga Motor Listrik yang Dapat Subsidi Rp 8 Juta

Nadya Zahira
16 Desember 2022, 06:30
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) mengendarai motor listrik GESITS saat mengikuti konvoi bersama 100 pengemudi ojek daring perempuan di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/4/2022).
ANTARA FOTO/Trisnadi/zk/foc.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) mengendarai motor listrik GESITS saat mengikuti konvoi bersama 100 pengemudi ojek daring perempuan di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/4/2022).

Pemerintah tengah menggodok aturan pemberian insentif atau subsidi motor listrik. Subsidi tersebut rencananya akan berlaku tahun depan.

Adapun besaran subsidi tersebut adalah motor listrik sebesar Rp 8 juta. Selain itu, subsidi Rp 5 juta juga diberikan bagi pemiliki motor konvensional yang mengkonversikan kendaraannya menjadi  motor listrik.

Advertisement

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan bahwa pemberian insentif tersebut berdasarkan kajian dan perbandingan dari negara lain yang memiliki kemajuan dalam industri kendaraan listrik.

"Contoh negara Eropa, mereka lebih maju karena pemerintah berikan insentif. Kalau kita lihat, Cina dan Thailand juga berikan insentif," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, melalui siaran pers yang dikutip Kamis (15/12).

Namun demikian, subsidi hanya diberikan pada motor listrik buatan pabrik Indonesia. Dengan demikian, motor listrik impor tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi tersebut.

Berikut daftar dan harga motor listrik yang bisa mendapatkan subsidi:

1. Gesits G1 

Harga  motor sebelum subsidi: Rp 28 juta

Motor listrik buatan pabrik Indonesia selanjutnya yakni Gesits G1 yang resmi meluncur di ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS 2019, tepatnya pada 25 April 2019. Gesits G1 memiliki tampilan serupa dengan motor matik konvensional pada umumnya.

Pengisian daya Gesits G1 hanya menggunakan kabel atau diisi daya baterainya secara terpisah. Motor listrik ini memiliki baterai yang terpisah dan bukan merupakan baterai tanam. Dengan demikian, pemilik bisa mengisi daya baterainya saja. 

2. United T1800 

Harga motor sebelum subsidi: Rp 28,5 juta

Melansir laman Unitedmotor.co.id, motor listrik ini hadir dengan warna hitam, blue matte, pearl white, grey matte, milano red, electric blue, sapphire black. United T1800 menggunakan baterai 60V 28Ah.

3. Selis 

Harga motor sebelum subsidi: Rp 23 juta

Motor listrik buatan Indonesia selanjutnya yakni Motor listrik Selis tipe E-Max – Baterai SLA – Off The Road. Mengutip dari website resminya, motor ini dilengkapi baterai 60 V 25Ah Lithium Iron Phosphate dengan durasi charge maksimal lima jam.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement