Daftar Merek dan Harga Mobil Hybrid yang Dapat Subsidi Rp 40 Juta

Tia Dwitiani Komalasari
20 Desember 2022, 06:00
Wuling Almaz RS merupakan The First Intelligent Digital Car. Fitur pintar yang dibenamkan dalam kendaraan memberikan kemudahan bagi pengendara.
Katadata
Wuling Almaz RS merupakan The First Intelligent Digital Car. Fitur pintar yang dibenamkan dalam kendaraan memberikan kemudahan bagi pengendara.

Pemerintah sedang menyiapkan subsidi atau insentif bagi konsumen yang membeli kendaraan listrik. Salah satunya adalah mobil listrik jenis hybrid atau hybrid electric vehicle yang akan mendapatkan subsidi senilai Rp 40 juta per unit.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan bahwa subsidi hanya akan diberikan bagi konsumen yang membeli produk kendaraan listrik buatan pabrik di Indonesia. Dengan demikian, konsumen yang membeli kendaraan listrik impor tidak akan mendapatkan insentif ini.

Agus mengatakan, salah satu tujuan dari pemberian insentif ini adalah untuk mempercepat realisasi investasi industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Dengan ada insentif mobil listrik, kita akan memaksa produsen dunia untuk mempercepat realisasi investasi kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya melalui video konferensi pers yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Senin (20/12).

Selain mobil hybrid, subsidi juga diberikan pada mobil listrik berbasis baterai senilai Rp 80 juta, motor listrik senilai Rp 8 juta, dan motor konversi Rp 5 juta.

Berdasarkan penelusuran Katadata.co.id, sejauh ini baru Suzuki, Wuling, dan Toyota yang mulai meluncurkan mobil hybrid buatan pabrik Indonesia.

Sebagai informasi, mobil hybrid menggunakan perpaduan dua sumber tenaga, yakni mesin elektrik yang menggunakan daya listrik dan kedua mesin bensin yang akan bergerak menggunakan bahan bakar minyak atau BBM. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.

Berikut daftar dan harga mobil hybrid  yang diproduksi di Indonesia, dan memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi Rp 40 juta:

1. Wuling Almaz Hybrid 

Harga normal: Rp 470 juta 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...