Jokowi Kunjungi Mal Kokas Malam-malam, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi mal Kokas di Jakarta malam ini untuk mengecek aktivitas perekonomian setelah PPKM dicabut. Dia juga sempat membeli sejumlah produk.
Tia Dwitiani Komalasari
12 Januari 2023, 23:42
Presiden Jokowi berbelanja di salah satu toko di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka (Kokas) Jakarta pada Kamis (12/1/2023)
Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi berbelanja di salah satu toko di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka (Kokas) Jakarta pada Kamis (12/1/2023)

Presiden Joko Widodo mengunjungi pusat perbelanjaan Kota Kasablanka atau Kokas, Jakarta, pada Kamis (12/1). Pria yang akrab disapa Jokowi tersebut mengecek aktivitas perekonomian usai kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM di Indonesia dicabut.

Presiden Jokowi tiba di Kokas sekitar pukul 19.20 WIB lalu mengelilingi mal sembari melihat produk-produk yang dipajang di etalase toko.
Saat melewati toko jenama lokal dari Bandung, Jawa Barat, Eiger, Presiden tampak tertarik dengan produk yang dipajang dan memutuskan untuk membeli sebuah rompi berwarna hitam dan sejumlah produk lain.

"Beliau ke sini belanja di toko kita, belanjanya juga lumayan banyak ya. Ada dari jaket, dari sweter, topi, dan tas, seperti itu," ungkap Ogi, salah satu staf Eiger di Kokas.

Pengunjung Kaget

Ogi pun mengaku kaget dengan kehadiran Presiden Jokowi yang mampir malam itu untuk membeli sejumlah produk di sana. Menurut Ogi, penjualan barang di tokonya sudah berangsur normal setelah kebijakan PPKM dicabut.

"Oh itu sangat jauh banget sih, jauh banget sih mas (penjualannya). Itu kan saat PPKM sepi banget, setelah PPKM dicabut ini udah mulai ramai banget, balik lagi ke normal," katanya.

Lebih lanjut, Ogi berharap kegiatan jual beli di pusat perbelanjaan dapat kembali seperti sebelum pandemi. "Kalau bisa sih bener-bener dibuka lagi seperti awal lah, karena itu sangat berarti banget buat kita, karena kesejahteraan kita kan dari jualan," lanjutnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung mal, Nindy, mengaku kaget dengan kedatangan Presiden Jokowi untuk melihat produk-produk yang dijual di sana. Ia pun merasa beruntung dapat bertemu dengan Kepala Negara malam ini.

"Kayak ngerasa beruntung aja gitu kok tiba-tiba lagi enggak ngapa-ngapain gitu, main aja pulang kantor, eh ada Pak Presiden dan Alhamdulillah banget," ujar Nindy.

Setelah berkeliling, Presiden kemudian meninggalkan pusat perbelanjaan tersebut pada sekitar pukul 21.10 WIB.

 DKI Jakarta dikenal sebagai provinsi yang memiliki banyak pusat perbelanjaan atau mal yang megah. Menurut data Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), terdapat 96 mal yang beroperasi di ibu kota hingga 24 November 2022.

Jakarta Selatan tercatat memiliki jumlah mal paling banyak di ibu kota. Jumlahnya mencapai 28 unit. Berikutnya, Jakarta Pusat tercatat memiliki 22 unit mal di wilayahnya. Kemudian,  Jakarta Utara dan Jakarta Barat masing-masing memiliki 18 unit mal dan 16 unit mal.

Sementara, jumlah mal paling sedikit di ibu kota yakni di Jakarta Timur sebanyak 12 unit.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait