Kemenhub: Kerusakan Runway Bandara Halim Perdanakusuma Diperbaiki

Tia Dwitiani Komalasari
17 Januari 2023, 09:51
Ilustrasi operasional Bandara Halim Perdanakusuma
Angkasa Pura II
Ilustrasi operasional Bandara Halim Perdanakusuma

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub segera memperbaiki pengelupasan aspal landas pacu atau runway di Bandara Halim Perdanakusuma. Landasan pacu tersebut kini telah kembali beroperasi.

"Terkait dengan kondisi landas pacu (runway) di Bandara Halim Perdanakusuma, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara pada hari ini Senin (16/1) pukul 8.05 WIB telah menerima info awal adanya pengelupasan aspal di landas pacu sisi selatan," kata Kepala Bagian Kerja Sama International, Humas, dan Umum Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Mokhammad Khusnu, Selasa (17/1).

Dia mengatakan, Kemenhub langsung melakukan koordinasi antara pihak terkait dengan kontraktor, segera setelah laporan diterima.Koordinasi tersebut khususnya untuk persiapan material dan peralatan untuk perbaikan.

"Pada pukul 8.45 WIB landas pacu telah kembali beroperasi kembali," ujarnya.

Dia mengatakan, Dirjen Perhubungan Udara meminta agar semua stakeholder penerbangan selalu mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, serta selalu meningkatkan pelayanan guna kenyamanan para pengguna jasa transportasi udara.

Baru Revitalisasi

Kerusakan Runway tersebut terjadi setelah rampung revitalisasi pada Oktober 2022. Bandara pun  kini telah dibuka untuk perjalanan domestik dan internasional.

Dibukanya Bandara Halim untuk perjalanan luar negeri tak terjadwal dan bukan niaga berdasarkan Addendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 25 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Desease 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...