Zomato Tutup Layanan di Indonesia

Tia Dwitiani Komalasari
10 Februari 2023, 08:00
Zomato
Antara
Zomato

Aplikasi restoran dan delivery, Zomato, menutup layanan di Indonesia. Pelanggan di Indonesia tidak bisa lagi mendapatkan informasi ulasan megenai restoran di websitenya.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam aplikasi dan situs resmi Zomato. Meskipun menghentikan layanan di Indonesia, namun Zomato masih beroperasi di India dan Uni Emirat Arab.

"Goodbye Jakarta! Ini merupakan perjalanan yang hebat tetapi sayangnya kami telah menghentikan operasi kami di sini! Anda masih dapat menjelajahi restoran makan malam dan memesan makanan yang luar biasa di Zomato di India dan UEA!," tulis Zomato dalam situs resminya, dikutip Jumat (10/2).

Aplikasi Zomato masih bisa diunduh melalui aplikasi. Namun aplikasi tersebut tidak lagi memberikan referensi tentang restoran Indonesia.

Namun demikian, Zomato tidak memberikan keterangan resmi mengapa menghentikan layanan di Indonesia.

Sebelumnya, layanan ini kerap djadikan referensi bagi warganet untuk memilih restoran hingga warung kuliner kaki lima.Pasalnya, aplikasi ini memberikan ulasan dan rating mengenai tempat kuliner tersebut. Selain itu, aplikasi tersebut juga kerap membagikan menu dan harga dari sebuah restoran.

"Dari bersantap di hidden gem yang paling nyaman, pengiriman makanan dari restoran mewah, hingga menyajikan makanan yang paling luar biasa, Zomato mencakup semuanya.  Jelajahi restoran top, menu, dan jutaan foto serta ulasan dari pengguna seperti Anda!" tulis Zomato dalam websitenya. 

Advertisement

Layanan yang didirikan sejak 2010 ini juga menyediakan mitra restoran dengan alat pemasaran khusus industri yang memungkinkan mereka untuk terlibat dan mendapatkan pelanggan. Zomato juga menyediakan layanan pengiriman jarak jauh. 

"Kami juga mengoperasikan solusi pengadaan satu atap, Hyperpure, yang memasok bahan dan produk dapur berkualitas tinggi ke mitra restoran.  Kami juga memberikan peluang penghasilan yang transparan dan fleksibel kepada mitra pengiriman kami," tulis Zomato dikutip dari situs resminya.

Menurut Companies Market Cap., Zomato berada di posisi ke empat perusahaan pengiriman makanan dengan kapitalisasi pasar terbesar per 27 April 2022. Berikut rinciannya seperti tertera dalam grafik.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait