Motor Listrik Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Produsen Siap Tambah Produksi

Nadya Zahira
8 Maret 2023, 08:40
Direktur Utama BRI Finance (BRIF) Azizatun Azhimah mencoba motor listrik produksi Smoot Motor Indonesia di Jakarta, Selasa (21/6/2022).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Direktur Utama BRI Finance (BRIF) Azizatun Azhimah mencoba motor listrik produksi Smoot Motor Indonesia di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Produsen motor listrik siap menambah produksi seiring dengan akan diberlakukannya subsidi motor listrik senilai Rp 7 juta per unit mulai 20 Maret 2023. Subsidi tersebut diperkirakan akan mendongkrak penjualan motor listrik.

Salah satu produsen motor listrik yakni Smoot Motor Indonesia mengatakan sudah siap dengan kapasitas produksinya yang bertambah karena adanya subsidi motor listrik. Mereka mengklaim merek motornya memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi yaitu telah memiliki tingkat komponen dalam negeri atau TKDN 40%. 

"Kami saat ini sudah siap, dan telah menyiapkan semuanya terkait subsidi kendaraan listrik tersebut," ujar Director of Sales and Partnership Smoot Motor Indonesia Rosyeni saat dihubungi Katadata.co.id, Selasa (7/3).

Rosyeni mengatakan, perusahaannya juga telah menambah barang yang tersedia di dealer-dealer Smoot Motor Indonesia. "Kami tengah mempersiapkan semuanya, untuk menyambut finalisasi subsidi kendaraan listrik dari pemerintah," ujarnya.

Kuota 200 Ribu Motor Listrik

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Febrio Nathan Kacaribu mengatakan bantuan yang dikucurkan sebesar Rp 7 juta menyasar dua jenis motor. Pertama yakni sepeda motor listrik baru, kedua adalah konversi dari motor konvensional ke listrik.

"Motor listrik yang mendapat bantuan pemerintah adalah yang diproduksi di Indonesia dengan TKDN 40% atau lebih," ujar Febrio dalam Konferensi Pers, Senin (6/3).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...