Progress Pembangunan IKN Capai 26%, 30 Proyek Infrastruktur Berjalan

Nadya Zahira
18 April 2023, 10:43
Suasana proses pembangunan istana presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (25/2/2023).
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Suasana proses pembangunan istana presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (25/2/2023).

Progress pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN sudah mencapai 26%. Saat ini, sebanyak lebih dari 30 proyek pembangunan sedang berlangsung.

Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN, Achmad Jaka Santos Adiwijaya, mengatakan proyek yang sedang digarap tersebut di antaranya pembangunan Istana Presiden dan Wakil Presiden, kantor-kantor Kementerian, bendungan, jalan, dan tempat tinggal para pekerja. 

Adapun berbagai infrastruktur utama yang tengah dikembangkan secara progresif pada pembangunan IKN antara lain adalah, area Istana Negara, pembagian kantor Kementerian dan perumahan aparatur sipil negara atau ASN. 

"Rencananya, pemindahan aparatur sipil negara akan dimulai pada 2024 dan peringatan 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar di ibu kota baru, Nusantara," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (18/4).

Undang Investor di Hannover Messe

Dia mengatakan, Indonesia menyambut baik tingginya minat investor untuk berpartisipasi dalam pembangunan IKN. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia memfasilitasi penanaman modal di Nusantara, dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023 tentang Izin Usaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal Bagi Pelaku Usaha di Nusantara.

Peraturan tersebut bertujuan untuk memberikan kepastian, kesempatan, dan ruang berpartisipasi yang lebih luas bagi investor baik dari dalam maupun luar negeri untuk mempercepat pembangunan Nusantara.

“Kami berharap semakin banyak investor kelas dunia yang dapat memanfaatkan investasi di Nusantara. Fasilitas terbaik akan diberikan untuk kemudahan berbisnis di ibu kota masa depan Indonesia, Nusantara,” ujar Jaka.

Oleh sebab itu, pemerintah saat ini tengah menyelenggarakan acara besar Hannover Messe 2023 atau HM23 yang diselenggarakan di Jerman. Acara tersebut merupakan salah satu pameran perdagangan dan industri terbesar. 

Dengan adanya pameran itu, diharapkan dapat menyatukan para pemain kunci di bidang industri, teknologi, dan inovasi untuk memamerkan produk dan layanan terbaru, bertukar ide, hingga menjelajahi peluang kerja sama bisnis baru.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...