Jokowi Ajak Masyarakat Pilih Logo IKN, Berhadiah 10 Motor Listrik

Nadya Zahira
5 April 2023, 09:25
Warga bersantai di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022).
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.
Warga bersantai di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia berpartisipasi memilih logo kota Nusantara sebagai Ibu Kota Negara Indonesia yang baru. Pemilihan logo Ibu Kota Nusantara atau IKN diselenggarakan secara daring dan berlangsung sejak 4 April - 20 Mei 2023. 

Sepuluh pemilih yang beruntung, akan diberikan hadiah berupa motor listrik yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. 

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN, Bambang Susantono, mengatakan pihaknya sudah menyeleksi desain logo IKN dari 500 desainer yang berminat. Para ahli yang bergabung Asosiasi Desainer Grafis Indonesia  kemudian memilih 10 desain yang kemudian diajukan OIKN ke Presiden Jokowi.

Selanjutnya Jokowi memilih lima dari 10 desain tersebut. Lima desain tersebut lalu diumumkan secara terbuka untuk dipilih langsung oleh masyarakat.

"Setelah diumumkan secara terbuka, masyarakat kemudian dilibatkan untuk memilih desain logo mana yang akan menjadi logo terbaik. Logo dengan jumlah pemilih terbanyak akan ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara," ujar Bambang melalui keterangan resmi, Rabu (5/4).

Bambang berharap, seluruh lapisan masyarakat dapat berpartisipasi dalam memilih logo baru IKN. Menurutnya,  IKN adalah milik dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia yang dibangun untuk kemajuan bangsa Indonesia.

"Oleh karenanya saya mengajak seluruh anggota masyarakat Indonesia untuk terlibat berkontribusi kepada Ibu Kota negara baru ini dengan cara memilih logo yang paling sesuai untuk Ibu Kota Nusantara," kata Bambang.

Cara Memilih Logo IKN

Masyarakat dapat memilih logo IKN melalui tautan www.ikn.go.id/pilihlogonusantara. Rencananya logo pilihan rakyat Indonesia terbanyak akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Mei 2023 di IKN.

Desainer yang karya logonya terpilih dengan suara terbanyak dan ditetapkan sebagai logo resmi Ibu Kota Nusantara akan mendapatkan hadiah sebesar 185 Juta Rupiah. 

Berikut adalah nama-nama desainer dari 5 logo yang telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk selanjutnya diserahkan kepada masyarakat untuk dipilih:

1. Agra Satria, pendiri dan direktur kreatif MATA Studio, alumni DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy.

2. Aulia Akbar, desainer grafis yang berdomisili di Bandung, ia lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...