Pegipegi Travel Protection, Asuransi Perjalanan untuk Pelanggan

Pegipegi menghadirkan fitur asuransi perjalanan untuk pelanggan bernama Pegipegi Travel Protection.
Image title
Diproduksi oleh Tim Publikasi Katadata
24 September 2019, 11:23
Pegipegi
Katadata

Pegipegi selaku Online Travel Agent (OTA) menghadirkan fitur asuransi perjalanan bernama Pegipegi Travel Protection. Ini merupakan merupakan fitur pelengkap sebagai perlindungan perjalanan pelanggan pada saat melakukan pemesanan tiket pesawat di Pegipegi. Pegipegi Travel Protection dihadirkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan pengguna pesawat. Saat ini moda pesawat terbang masih transportasi yang banyak diminati masyarakat Indonesia karena hemat waktu. Sayangnya, di balik kepraktisan dan kenyamanan moda transportasi ini, masih sering terjadi keterlambatan terbang, bahkan pembatalan keberangkatan.

 

Dengan Pegipegi Travel Protection, pelanggan bisa mendapatkan pertanggungan finansial untuk sejumlah kejadian tak terduga mulai dari sebelum, pada saat, hingga setelah penerbangan. Data Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan, kasus keterlambatan penerbangan pada 2017 naik 28,07 persen dibanding 2014. Jumlah pembatalan penerbangan pun naik 32,46 persen.  Kementerian Perhubungan mencatat terdapat 87.509 kasus keterlambatan, dan 1.991 pembatalan dari total 415.961 penerbangan rute domestik pada semester I-2018.

 

Hasil riset jaringan perusahaan bagasi terbesar di Inggris, Stasher, yang dirilis akhir Juli 2019 bahkan menyebut, penerbangan asal Soekarno-Hatta paling sering mengalami keterlambatan dibandingkan 106 bandara di dunia. Padahal bandara internasional ini merupakan salah satu dari 20 bandara tersibuk di dunia, yang melayani lebih dari 200 ribu penerbangan per tahun. Berdasarkan data PasarPolis dan Pegipegi, pada 2019 ini, 70 persen kasus keterlambatan penerbangan terjadi lebih dari 60 menit.

 

Keterlambatan penerbangan tentu merugikan penumpang, baik waktu, kondisi fisik, hingga mengubah rencana perjalanan sebelumnya. Pegipegi yang merupakan perusahaan yang menyediakan beragam layanan perjalanan seperti tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta secara daring, berupaya mengatasi hal tersebut. Pegipegi Travel Protection dihadirkan untuk melindungi penumpang dari segala kejadian tidak menyenangkan pada saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang.

 

Perlindungan meliputi:

  • Ganti rugi keterlambatan mulai dari 60 menit pertama penerbangan Rp 250 ribu per jam hingga maksimal Rp.3 juta
  • Santunan kecelakaan diri hingga Rp.100 juta
  • Ganti rugi keterlambatan bagasi Rp.500 ribu untuk 90 menit pertama
  • Pengembalian dana pembatalan penerbangan hingga Rp.10 juta
  • Ganti rugi kehilangan dan kerusakan bagasi hingga Rp.3 juta
  • Ganti rugi akibat kehilangan penerbangan lanjutan hingga Rp 5 juta

  

Berbeda dengan asuransi perjalanan lainnya, proses pembelian maupun klaim asuransi perjalanan Pegipegi sangat mudah. Prosesnya cukup dilakukan secara online melalui website atau aplikasi Pegipegi, dengan mengikuti petunjuk sederhana, pada halaman Pegipegi Travel Protection berikut ini https://www.pegipegi.com/travel-protection/.

 

Pelanggan yang ingin membeli Pegipegi Travel Protection, tinggal memilih penerbangan yang diinginkan, melengkapi data penumpang lalu mengaktifkan tombol asuransi.  Setelah  Anda menyelesaikan proses pembayaran, secara otomatis penerbangan Anda telah terlindungi.

Sementara itu, untuk klaim Pegipegi Travel Protection, pelanggan akan menerima notifikasi instan melalui  SMS dan WhatsApp ketika penerbangan delay, guna pengajuan klaim. Selanjutnya,  Anda harus memuka URL pada notifikasi, dan melakukan login dengan mengisi nomor handphone yang didaftarkan saat booking tiket pesawat.  Berikutnya Anda harus memasukkan one time password (OTP_ yang dikirimkan melalui SMS.  Setelah proses penyesuaian data berhasil, pelanggan hanya perlu memilih nomor polis dan tipe klaim. Pelanggan tinggal melengkapi informasi rekening bank untuk pembayaran klaim. Kemudian klaim akan diproses dalam waktu 1 hingga 5x24 jam terhitung hari kerja, setelah proses verifikasi selesai.

 

Serlina Wijaya, Chief Marketing Officer (CMO) Pegipegi mengatakan, "Pegipegi terus berupaya memberikan pengalaman traveling terbaik bagi seluruh pelanggan.” Pegipegi melihat kendala seperti delay dan pembatalan penerbangan merupakan hal yang kerap dialami penumpang.

 

“Maka dari itu, kami menghadirkan Pegipegi Travel protection yang memiliki perlindungan lengkap, proses mudah, klaim instan dan terjangkau, dengan tujuan untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan traveling bagi seluruh pelanggan kami," tutupnya.

Penulis: Tim Publikasi Katadata

Video Pilihan

Artikel Terkait