Survei Charta Politika Catat Hanya 7 Partai Politik Lolos ke DPR

Ameidyo Daud Nasution
4 April 2019, 18:31
7 partai lolos ke DPR
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Massa PDIP saat kampanye di lapangan GOR Lembupeteng, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (21/6/2018). PDIP merupakan partai diprediksikan dengan keterpilihan tertinggi.

Lembaga survei Charta Politika memprediksi hanya tujuhpartai politik yang kemungkinan besar lolos ambang batas parlemen sebesar 4%. Sebanyak 7 partai tersebut yakni PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera. Dengan demikian 9 partai diperkirakan tidak lolos ambang batas parlemen. 

Charta Politika mengadakan survei nasional tentang Pemilihan Legislatif 2019 pada hari Kamis (4/4). Survei tersebut diambil pada periode 19-25 Maret 2019 lalu dengan metode wawancara tatap muka pada 2.000 responden. Sampel dipilih acak dengan unit sampling primer kelurahan yang tersebar seluruh Indonesia. Sedangkan margin of error survei ini mencapai 2,19%.

Dalam survei ini, elektabilitas PDI Perjuangan di posisi paling atas dengan tingkat keterpilihan 25,3% atau naik dari dari 24,8% pada awal Maret lalu. Gerindra berada di posisi kedua dengan elektabilitas 16,2% atau naik 0,5% dari awal Maret.

Golkar berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 11,3%. Adapun PKS masih berada di posisi 7 dengan elektabilitas 5%. Selain empat parpol itu, masih ada Nasdem dengan 5,2%, PKB dengan keterpilihan 8,5%, dan Demokrat dengan elektabilitas 5,2%.

"Golkar, PDIP dan Gerindra saya pikir sulit digeser," katanya saat pemaparan di Jakarta, Kamis (4/4).  

(Baca: Roy Morgan: Elektabilitas Prabowo Terus Naik, Tapi Sulit Salip Jokowi)

Adapun 9 partai di antaranya Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Perindo diprediksi berada di bawah ambang batas parlemen dengan rata-rata mendapat elektabilitas 2 dan 3%.

Namun angka ini bisa melejit mengingat adanya margin of error sehingga kemungkinan itu tidak tertutup. Dari survei ini, responden yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab mencapai 11,7%.

Halaman:
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...