Diperintahkan Jokowi, Sri Mulyani Cairkan Dana Bansos Pekan Ini

Rizky Alika
5 Juli 2021, 16:32
bansos, bansos tunai, dana bansos, blt tunai, ppkm darurat, Sri Mulyani, Jokowi, anggaran Bansos
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/pras.
Petugas mengingatkan warga agar menjaga jarak saat mengantre penyaluran bansos tunai Kemensos, di Kantor Pos Khatib Sulaiman, Padang, Sumatera Barat, Jumat (15/5/2020).

Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat mulai 3 Juli lalu. Presiden Joko Widodo meminta anggaran bantuan sosial (bansos) untuk dicairkan pada pekan ini.

"Perlindungan sosial ini tadi instruksi Bapak Presiden agar untuk dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konverensi pers Sidang Kabinet secara virtual, Senin (5/7).

Advertisement

Penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) akan dicairkan pada Juli ini. Pemerintah akan menyalurkan PKH kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kemudian, penyaluran kartu sembako akan diperluas dari target 15,93 juta menjadi 18,8 juta. Kartu sembako ini juga akan dipercepat penyalurannya menjadi pekan ini.

Selain itu, bantuan tunai untuk 10 juta KPM akan dibayarkan pada Juli selama dua bulan.

Pemerintah juga akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa kepada 8,8 juta KPM. Saat ini, realisasinya baru mencapai 5 juta KPM.

Bendahara Negara itu menambahkan, pemerintah juga membuka pendaftaran kartu prakerja pada Juli dan Agustus ini. Adapun, target peserta Kartu Prakerja mencapai 2,8 juta peserta.

Di luar itu, pemerintah akan memberikan bantuan kuota internet kepada siswa, mahasiswa, dan tenaga pendidik sebanyak 27,67 juta. "Untuk siswa, mahasiswa, tenaga pendidik, guru dosen akan tetap diberikan," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement