Misi Dagang AS Seiring Bantuan 4 Juta Vaksin Moderna kepada Indonesia

Amerika akan mengirim sebanyak 4 juta dosis vaksin Moderna dalam waktu dekat. Tingkat efikasi vaksin Covid-19 tersebut mencapai 94%.
Agatha Olivia Victoria
8 Juli 2021, 16:44
vaksin Moderna, moderna, perdagangan as indonesia, investasi as, vaksin covid
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cf
Botol vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, dan Moderna.

Amerika Serikat (AS) akan mengirimkan empat juta dosis vaksin Moderna dalam waktu dekat untuk membantu Indonesia mengatasi lonjakan Covid-19. Pemerintah AS sekaligus berharap perdagangan dengan Indonesia akan meningkat signifikan.

"Pemerintah AS mendonasikan empat juta dosis vaksin Moderna yang dijadwalkan akan segera tiba, beserta bantuan teknis dan medis lainnya serta oksigen”, ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim dalam keterangan resmi, Kamis (8/7).

Badan Pengurus Obat dan Makanan (BPOM) sudah memberikan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin merek Moderna. Tingkat efikasi vaksin Moderna mencapai 94,1% untuk kelompok usia 18-65 tahun.

Kim berharap hubungan ekonomi termasuk di bidang perdagangan dan investasi kedua negara dapat terus bertumbuh. Menurut dia, terdapat berbagai prospek investasi dari perusahaan-perusahaan Negeri Paman Sam yang tertarik kepada Indonesia.

Advertisement

Kim berpendapat nilai perdagangan Indonesia dengan AS juga dapat ditingkatkan. “Kami dapat meningkatkan nilai perdagangan hingga dua atau tiga kali lipat, mengingat Indonesia merupakan negara ekonomi terbesar di ASEAN. Terdapat banyak ruang untuk perdagangan kedua negara,” kata dia.

Nilai perdagangan antara Indonesia dan AS saat ini sekitar US$ 30 miliar. Nilai tersebut lebih kecil dibandingkan dengan perdagangan bilateral antara Negeri Adidaya dengan negara-negara ASEAN lainnya.



Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi dukungan dan suplai vaksin Moderna dari AS. “Dukungan vaksin dapat membantu dan meningkatkan level kepercayaan para tenaga kesehatan dan para garda depan”, ujar Airlangga.

Pertemuan AS dengan Indonesia secara virtual turut membahas prospek kerja sama energi terbarukan. Airlangga memaparkan berbagai potensi sumber daya energi terbarukan seperti matahari, angin, dan panas bumi di Indonesia.

Indonesia terbuka untuk bekerja sama dengan AS guna mendorong percepatan transisi menuju energi terbarukan di Tanah Air. Saat ini penggunaan panel surya sedang didorong di beberapa pulau seperti Batam dan Bintan.

Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Yuliawati

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait