Misi Dagang AS Seiring Bantuan 4 Juta Vaksin Moderna kepada Indonesia

Agatha Olivia Victoria
8 Juli 2021, 16:44
vaksin Moderna, moderna, perdagangan as indonesia, investasi as, vaksin covid
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cf
Botol vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, dan Moderna.

Amerika Serikat (AS) akan mengirimkan empat juta dosis vaksin Moderna dalam waktu dekat untuk membantu Indonesia mengatasi lonjakan Covid-19. Pemerintah AS sekaligus berharap perdagangan dengan Indonesia akan meningkat signifikan.

"Pemerintah AS mendonasikan empat juta dosis vaksin Moderna yang dijadwalkan akan segera tiba, beserta bantuan teknis dan medis lainnya serta oksigen”, ujar Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim dalam keterangan resmi, Kamis (8/7).

Badan Pengurus Obat dan Makanan (BPOM) sudah memberikan izin penggunaan darurat (EUA) untuk vaksin merek Moderna. Tingkat efikasi vaksin Moderna mencapai 94,1% untuk kelompok usia 18-65 tahun.

Kim berharap hubungan ekonomi termasuk di bidang perdagangan dan investasi kedua negara dapat terus bertumbuh. Menurut dia, terdapat berbagai prospek investasi dari perusahaan-perusahaan Negeri Paman Sam yang tertarik kepada Indonesia.

Kim berpendapat nilai perdagangan Indonesia dengan AS juga dapat ditingkatkan. “Kami dapat meningkatkan nilai perdagangan hingga dua atau tiga kali lipat, mengingat Indonesia merupakan negara ekonomi terbesar di ASEAN. Terdapat banyak ruang untuk perdagangan kedua negara,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Yuliawati

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...