Hendropriyono, Mertua Jenderal Andika yang Gagal Jadi Panglima TNI

Aria W. Yudhistira
3 November 2021, 13:10
Panglima TNI, Andika Perkasa
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa (tengah) melakukan salam komando dengan Dankormar Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono (kiri) dan Danpaspampres Mayjen TNI Suhartono seusai pelantikan oleh Presiden Joko WIdodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Presiden Jokowi akhirnya memilih KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima Tentara Nasional Indonesia atau Panglima TNI. Andika yang menjadi satu-satunya kandidat nomor satu di angkatan bersenjata, tidak mengulang sejarah mertuanya, Abdullah Mahmud Hendropriyono yang batal menjadi Panglima ABRI pada 1998.

Tahun 1998 merupakan kulminasi sejarah Orde Baru. Soeharto akhirnya berhenti dari kursi presiden yang sudah didudukinya selama 32 tahun. Dia terdesak oleh krisis ekonomi dan gelombang protes yang menuntutnya mundur dari kekuasaan. Apalagi banyak pembantunya di kabinet dan parlemen memilih meninggalkannya.  

Beberapa hari sebelum Soeharto menyatakan berhenti, empat mahasiswa Universitas Trisakti tewas ditembak saat melakukan unjuk rasa. Kematian tersebut menjadi pemicu gelombang kerusuhan keesokan harinya di Jakarta dan sejumlah kota lain. Aksi pembakaran dan penjarahan berlangsung selama tiga hari, tanpa ada penanganan berarti dari aparat keamanan.

Panglima ABRI saat itu adalah Jenderal Wiranto. Sebagai penanggung jawab tertinggi keamanan, dia dianggap gagal menangani kerusuhan yang menimbulkan ribuan korban jiwa. Alhasil banyak yang meminta pergantian pucuk tertinggi ABRI. Selain juga ada persaingan kekuasaan di antara para jenderal.  

Bacharuddin Jusuf Habibie dalam memoarnya Detik-Detik yang Menentukan mengakui menerima banyak usulan nama calon panglima ABRI. Ketika itu, dirinya yang baru dilantik menjadi presiden tengah menyusun nama-nama calon anggota kabinet. Sejumlah nama calon pengganti Jenderal Wiranto pun telah disodorkan ke mejanya, seperti KSAD Jenderal Subagyo HS, Letjen AM Hendropriyono, hingga Letjen Yunus Yosfiah.

Jumat pagi, sekitar pukul 07.30 WIB, tanggal 22 Mei 1998, dua jenderal mendatangi kediaman Habibie di Kuningan, Jakarta. Mereka adalah Kepala Staf Kostrad Mayjen Kivlan Zen dan Danjen Kopassus Mayjen Muchdi Pr yang membawa surat bertandatangan tokoh ABRI Abdul Haris Nasution. Surat itu berisi saran agar Habibie mengangkat Subagyo HS sebagai panglima ABRI dan Pangkostrad Letjen Prabowo Subianto menjadi KSAD. Belakangan diketahui penulis surat adalah Kivlan Zen, sedangkan Nasution yang saat itu sedang sakit hanya menandatangani surat tersebut.

Habibie Wafat
Habibie (ANTARA FOTO/Audy MA)

Sintong Panjaitan adalah penasihat militer Habibie sejak menjadi wakil presiden. Sintong yang karir militernya mandek lantaran insiden Santa Cruz 12 November 1991 di Dili, mulai dekat dengan Habibie ketika menjadi staf ahli menteri riset dan teknologi pada 1994.

Sebagai penasihat militer, Sintong beberapa kali menyarankan agar Habibie mengganti Wiranto. Di buku Hendro Subroto, Sintong Panjaitan, Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando, Sintong mengatakan kepada Habibie, “alangkah bijaksananya kalau panglima ABRI dijabat oleh orang baru.”

Sintong lalu menyodorkan nama Hendropriyono sebagai calon panglima. Pada 1998, Hendropriyono adalah Menteri Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan di kabinet terakhir Soeharto. Mantan Pangdam Jaya itu adalah salah satu anak buah Sintong di Kopassandha (kini Kopassus).

Menurut Sintong, Habibie pada awalnya setuju Hendropriyono diangkat menjadi menhankam/ panglima ABRI menggantikan Wiranto dalam Kabinet Reformasi Pembangunan. Bahkan Sintong sempat mengabarkan lewat telepon keputusan tersebut kepada Hendropriyono. “Ndro, selamat…selamat,” kata Sintong.

“Lho ada apa Bang?” tanya Hendropriyono.

Sintong mengatakan kepada juniornya, bahwa dia bakal mendapatkan tugas penting dari presiden.

Ternyata malam itu, sejumlah pejabat seperti Ginandjar Kartasasmita dan Akbar Tandjung juga menelepon Hendropriyono. “Selamat, Pak Habibie memutuskan Anda menjadi menhankam/ panglima ABRI menggantikan Wiranto,” kata Ginandjar.

“Pak Hendro, selamat. Senin nanti Pak Hendro sudah memakai bintang empat,” kata Akbar Tandjung dalam telepon terpisah.

Keyakinan Hendropriyono semakin besar setelah mendapat telepon dari Mayjen Jasril Jacob, Sekretaris Militer Presiden, yang mengatakan bahwa surat keputusan presiden mengenai pengangkatannya sebagai menhankam/ panglima ABRI sudah ditandatangani.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...