Profil Pangdam Jaya Mayjen Untung, Anggota Eks Tim Mawar Kopassus

Yuliawati
Oleh Yuliawati
6 Januari 2022, 15:32
TNI, Andika Perkasa, kopassus
Biro pers, media, dan informasi Setpres
Jenderal TNI Andika Perkasa saat dilantik sebagai Panglima TNI pada Rabu (17/11) siang.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengangkat Mayjen TNI Untung Budiharto sebagai Panglima Kodam (Pangdam) Jaya. Mayjen Untung menggantikan Mayjen TNI Mulyo Aji yang mendapat promosi sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Seskemenko Polhukam).

Mayjen TNI Untung Budiharto sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus Panglima TNI. Mutasi jabatan itu tertuang dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/5/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Surat keputusan tersebut diteken Kepala Setum TNI Brigjen Edy Rochmatullah pada Selasa (4/1). Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa saat dikonfirmasi wartawan, di Jakarta, Kamis, membenarkan mutasi jabatan Pangdam Jaya tersebut. "Betul sekali, Mas," ujar Panglima TNI singkat, dikutip dari Antara, Kamis (6/1).

Kapendam Jaya Letkol (CPM) Dwi Indra Wirawan juga membenarkan adanya pergantian jabatan Pangdam Jaya. "Ya betul Mas, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan acara serah terima jabatan Pangdam Jaya dari Mayjen TNI Mulyo Mulyo Aji kepada Mayjen TNI Untung Budiharto," kata Indra Wirawan.

Mayjen Untung merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1988 dari kecabangan infanteri. Setelah lulus dari Akmil, Untung bergabung ke dalam Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Saat di Kopassus dia bergabung dalam Tim Mawar yang dibentuk Prabowo Subianto saat berpangkat Mayor Jenderal, setelah peristiwa 27 Juli 1996. Tim Mawar dikenal sebagai tim kecil Kopassus yang menjalankan operasi penculikan para aktivis 1998.

Advertisement

Tim Mawar dianggap menangkap 14 aktivis, hanya sembilan yang berhasil dipulangkan. Beberapa tawanan lain dihilangkan, di antaranya Wiji Thukul.

Karier Mayjen Untung menempati beberapa jabatan strategis. Pada 2017-2010, ia menjabat sebagai Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Kemudian, pada 2019-2020, menjabat Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) I/Bukit Barisan.

Lalu Mayjen Untung menjadi Direktur Operasi dan Latihan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan pada 2020. Selanjutnya menjabat Sekretaris Utama BNPT pada 2020-2021 dan Staf Khusus Panglima TNI pada 2021.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement