Airin hingga Bahlil Digadang Jadi Cagub Jakarta Pengganti Anies

Partai politik menyiapkan beberapa nama sebagai calon gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.
Image title
6 Januari 2022, 17:53
Anies, Jakarta, Pilkada Jakarta
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) didampingi Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria (kanan) merapikan pakaian anggota Bamus Betawi saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-493 Kota Jakarta di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/6/2020).

Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada Oktober tahun ini. Partai politik mulai menggadang beberapa nama potensial sebagai kandidat calon gubernur yang akan berlaga dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.  

Setidaknya ada empat nama yang digadang maju di Pilkada DKI Jakarta. Ketua Dewan Pembina DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik menyebutkan beredarnya nama yang dibidik partai politik, yakni Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni.

Ketua DPP Partai Golkar Zulfikar Arse Sadikin menyebutkan masih menampung berbagai aspirasi dalam pencalonan calon gubernur. Salah satu nama yang ditampung yakni Airin yang merupakan kader Golkar. "Kami masih mendengar aja dulu apa aspirasi masyarakat soal Pilkada DKI," ujar Zulfikar kepada Katadata pada Kamis (6/1).

Sejak Juli 2021, Airin dilantik sebagai Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG). Airin berharap agar KPPG dapat membantu Partai Golkar menang pada Pemilu 2024.

Partai NasDem berencana untuk mengusung Ahmad Sahroni sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Wilayah Jawa 1, Effendi Choirie mengatakan Sahroni merupakan sosok yang memiliki modal cukup untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Effendi menyebut Sahroni merupakan tokoh muda yang sukses dalam ekonomi dan politik. Sahroni sebagai Bendahara Umum DPP NasDem dan dua periode sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Selain itu juga, kakak Sahroni punya penampilan yang menarik, keren, (dan) gaul. Banyak teman dan relasi," ujar Effendi.

Lebih lanjut, Effendi mengatakan saat ini NasDem tengah berkonsolidasi untuk persiapan Pemilihan Legislasi (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berjalan secara serentak.

"Caleg, capres dan calon kepala daerah semua sedang kita lirik-lirik, kita bidik, bahkan ada yang sudah direkrut," ujar Effendi.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, mengatakan partainya menargetkan posisi Gubernur. Dia mengatakan ada kemungkinan Gerindra bakal mengusung Riza untuk maju menduduki kursi DKI Jakarta. "Ada kemungkinan beliau (Riza), peluang beliau besar," ujar Habiburokhman.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan belum terpikir soal Pilkada DKI tahun 2024 walaupun namanya masuk ke dalam bursa untuk menjadi gubernur.

Riza menyebut dirinya siap untuk menjadi wakil gubernur lagi jika diusung untuk maju pada Pilkada 2024. "Kalau saya terpilih menjadi Wagub selama 2,5 tahun ke depan, kalau saya bisa melaksanakan tugas dengan baik, ya saya siap menjadi Wakil Gubernur lagi," ujar Riza di Jakarta, Rabu, dikutip dari Antara.

 

Advertisement
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait