KPK Tangkap Bupati dan 10 Orang Lain di Calon IKN Penajam Paser Utara

Image title
13 Januari 2022, 10:41
KPK
ARIEF KAMALUDIN I KATADATA
Gedung KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menangkap Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud beserta 10 orang lainnya atas kasus dugaan korupsi. Kawasan Penajam Passer Utara merupakan calon Ibu Kota Negara atau IKN.

"KPK melakukan tangkap tangan salah satu bupati di wilayah Kaltim, yaitu Bupati Penajam Paser Utara beserta 10 orang pihak terlibat diamankan tim Kedeputian Bidang Penindakan KPK," kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (13/1) dikutip dari Antara.

Firli belum menyampaikan secara rinci siapa 10 orang lainnya yang turut ditangkap tersebut. Ia mengatakan tim KPK saat ini masih bekerja memeriksa pihak-pihak yang telah ditangkap itu.

Penangkapan ini bagian dari operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (12/1). "Perlu kami sampaikan bahwa benar KPK kemarin tanggal 12 Januari 2022 telah melakukan giat tangkap tangan terhadap penyelenggara negara di wilayah Penajam Paser Utara," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri. 

Ali mengatakan penangkapan tersebut terkait dengan dugaan penerimaan suap dan atau gratifikasi.

Tim KPK saat ini masih melakukan pemeriksaan selama 1x24 jam terhadap beberapa pihak yang telah ditangkap untuk memperjelas duduk perkaranya.

"Karena itu, kami minta masyarakat bersabar dan memberi kesempatan kepada tim KPK untuk bekerja menyelidik kasus ini. Selanjutnya nanti akan kami infokan secara lebih komprehensif," ujar Ali.

Sesuai KUHAP, KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang telah ditangkap itu.

Abdul Gafur yang lahir pada 7 Desember 1987 membuat ia menjadi salah satu kepala daerah termuda di Indonesia dalam usia 31 tahun.

Abdul mengenyam pendidikan S1 di STIE APRIN jurusan Ekonomi. Ia kemudian melanjutkan ke jenjang S2 di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur dan lulus sebagai Magister Ekonomi.

Perjalanan politiknya dimulai pada tahun 2015 ketika ia menjadi kader Partai Demokrat. Saat ini, Abdul menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat, Kota Balikpapan.

Reporter: Nuhansa Mikrefin, Antara
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...