BRIN: Pembangkit Nuklir Berpotensi Dibangun di Kalimantan

Image title
2 Maret 2022, 19:57
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga nuklir, PLTN
123rf.com/Vaclav Volrab
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga nuklir, PLTN

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN potensial dibangun di Kalimantan Barat karena besarnya dukungan masyarakat. Berdasarkan survei, setidaknya 87% masyarakat setempat mendukung pembangunan PLTN di wilayah tersebut.

Peneliti BRIN Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan pembangunan PLTN di Kalbar cukup beralasan. Selain mendapat dukungan masyarakat, wilayah tersebut juga memiliki kondisi geologi yang stabil dan tidak rawan gempa.

"Potensi gempa rendah dan ketiga didukung oleh masyarakat, 87% lebih di Kalbar berbasis pada survei yang dilakukan 2019 mendukung pembangunan PLTN," ujarnya dalam diskusi Apakah RI Siap Punya Pembangkit Nuklir?, Rabu (2/3).

Meski begitu, dia juga tak menampik adanya penolakan yang cukup tinggi terhadap pembangunan PLTN. Misalnya seperti yang terjadi di Jepara dan Bangka yang lebih dari 50% masyarakatnya menentang pembangunan PLTN.

"Di Kalimantan Barat ini berbeda, itulah kenapa potensi pertama di Kalbar," katanya.

Pemerintah saat ini tengah berupaya menggenjot pemanfaatan PLTN di Tanah Air. Hal ini sebagai upaya Indonesia dalam mencapai net zero emission pada 2060.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...