Harga Minyak Melonjak Efek Perang, Ini Dampaknya ke Pembangkit PLN

Image title
7 Maret 2022, 13:31
PLN, pembangkit listrik,
PLN
Pembangkit listrik PLN.

PT PLN menyatakan pasokan energi untuk kebutuhan sejumlah pembangkit listrik saat ini masih mencukupi. Pasokan energi menjadi perhatian dunia sejak beberapa harga komoditas seperti minyak, gas dan batu bara melonjak akibat perang Rusia-Ukraina

EVP Batu bara PT PLN, Sapto Aji Nugroho menjelaskan porsi penggunaan bahan bakar untuk sejumlah pembangkit listrik PLN sejauh ini didominasi oleh batu bara dan gas bumi. Sehingga, kenaikan harga minyak dunia belum memberikan dampak signifikan bagi keberlangsungan operasional pembangkit listrik perusahaan.

Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk kebutuhan pembangkit listrik perusahaan setrum tergolong kecil. Secara persentase, perananan BBM hanya sekitar 3,6% dari total konsumsi energi yang dikelola PLN.

"Dari sudut PLN, energy mix penggunaan dari BBM ini hanya 3,6% dari total energi yang dikelola PLN, boleh dikatakan dampak dari fluktuasi BBM tak berpengaruh besar," ujar Sapto dalam webinar Energy Corner, Senin (7/3).

Selain itu, Sapto memastikan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) tenaga listrik PLN juga tidak akan melonjak seiring dengan adanya kenaikan harga komoditas di sektor energi. Pasalnya, harga energi untuk kebutuhan PLN sudah diatur pemerintah.

Untuk batu bara misalnya, pemerintah sudah mematoknya dengan harga maksimal US$ 70 per ton melalui kebijakan domestic market obligation alias DMO. Sementara, untuk gas bumi, pemerintah menetapkan dengan harga maksimal US$ 6 per MMBTU.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...