Pedagang Pasar Keluhkan Sistem Pembayaran dalam Distribusi Migor

Andi M. Arief
9 Maret 2022, 12:39
minyak goreng
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/aww.
Petugas mengisi jeriken dengan minyak goreng curah murah di Pasar Baru, Karawang, Jawa Barat, Rabu (2/3/2022).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan memfasilitasi skema pembiayaan antara pedagang pasar dan pabrikan minyak goreng  (migor).  Langkah ini setelah Kemendag mendapatkan keluhan dari pedagang pasar dalam skema pembiayaan minyak goreng. 

Salah satu penghambat turunnya harga minyak goreng curah di pasar tradisional adalah persoalan distribusi. Pedagang pasar berusaha mendatangkan langsung minyak goreng ke pasar tradisional, tapi terganjal mekanisme pembayaran. Para pedagang pasar umumnya membayar pengiriman pertama setelah menerima barang pengiriman kedua.

"Himbara (Himpunan Bank Negara) ini harusnya bisa memfasilitasi pedagang-pedagang yang sudah (menjadi agen) seperti ini. Kalau seperti ini (agen pasar tradisional), NPL (non-performing loan)-nya tidak akan tinggi," kata Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi usai kunjungan ke Pasar Kebayoran Lama, Rabu (9/3).

Arief menilai bank yang sesuai untuk memfasilitasi skema pembiayaan di pasar tradisional adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Menurutnya, fasilitas yang bisa digunakan adalah supply chain financing.

Salah satu pemilik agen minyak goreng, Leo, mengatakan pedagang di Pasar Kebayoran Lama biasanya menunda pembayaran selama 2-4 minggu. Leo yang memiliki Toko Bumi Makmur pun menerapkan mekanisme yang sama.

Leo mengatakan saat ini masih membeli migor curah seharga Rp 12 ribu sampai Rp 13 ribu per kilogram (Kg) dari distributor. Dia kemudian menjual migor curah dari tokonya ke pedagang di Pasar Kebayoran Lama dengan margin Rp 500 per Kg.

Adapun, Leo mendapatkan pasokan migor curah dari beberapa distributor untuk memenuhi permintaan pedagang di Pasar Kebayoran Lama. Leo mencatat permintaan pedagang di Pasar Kebayoran Lama mencapai 30 ton per hari.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...