HET Dicabut, Harga Minyak Goreng Kemasan Melonjak Jadi Rp 25 Ribu/L

Image title
17 Maret 2022, 12:22
minyak goreng, HET
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.
Warga membeli minyak goreng kemasan di Kelurahan Rancamaya, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).

Pemerintah mencabut ketentuan Harga Eceren Tertinggi (HET) untuk minyak goreng sawit dalam kemasan sejak Rabu (16/3). Pencabutan HET ini membuat minyak goreng yang dijual di retail dan pasar modern naik menjadi di atas Rp 20 ribu per liter dari HET sebelumnya Rp 14 ribu per liter. 

Salah satu retail di Palmerah, Jakarta Pusat menjual minyak goreng kemasan merek Sania dengan harga Rp 21 ribu per liter dan merek Tropical dengan harga Rp 51 ribu per dua liter atau Rp 25.500 per liter.

Kenaikan harga ini bervariasi di berbagai tempat. Seorang konsumen di Pasar Rebo, Jakarta Timur membeli merek Sania dengan harga Rp 47 ribu per dua liter atau Rp 23.500 per liter.   

Meski harga naik, stok barang pun belum tersedia di semua lokasi. Berdasarkan pantauan di Katadata selama dua hari terakhir di beberapa retail di Jakarta, stok minyak goreng masih kosong.

Di retail Kebayoran, Jakarta Pusat, stok minyak goreng sawit tak terlihat. Petugas toko menginformasikan bahwa minyak goreng terakhir kali distok ulang pada Selasa (15/3) sore. Kemungkinan akan distok kembali pada Kamis (17/3). "Baru akan datang nanti sore," kata petugas kasir yang ditemui pada Kamis (17/3).

Sebuah retail di area Cawang, Jakarta Timur pun tidak memiliki stok minyak goreng. Petugas toko mengatakan stok minyak goreng tersedia pada Rabu (15/3), tetapi langsung ludes diserbu pembeli.

Bahkan, sebuah retail di Bekasi, mendapatkan pasokan minyak goreng terakhir kali pada Kamis (10/3). Itu pun hanya dijatah satu karton atau setara dengan 12 kemasan untuk isi satu liter dan enam kemasan untuk isi dua liter.

Berbanding terbalik dengan Jakarta dan sekitarnya yang mengalami kelangkaan, stok minyak goreng justru membludak di beberapa daerah Sumatera, seperti Sijunjung dan Bandarlampung.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...