Jokowi Kembali Dikabarkan Reshuffle Kabinet Rabu Besok

Image title
22 Maret 2022, 14:48
Jokowi, reshuffle
ANTARA FOTO/Setpres/Rusman/Handout/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) mengambil sumpah jabatan pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 dan kepala lembaga pemerintah non kementerian di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4/2021).

Kabar mengenai perombakan atau reshuffle  kabinet kembali berhembus kencang. Kabarnya, jika tak ada aral melintang, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan reshuffle Rabu besok (23/3) yang jatuh pada Rabu pon. Selain kader partai Amanat Nasional (PAN), partai lain disebut-sebut akan mendapat tambahan kursi di kabinet.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id, perombakan kabinet pada pekan ini dipastikan setelah payung hukum Ibu Kota Negara (IKN) rampung dan pemilihan Kepala Ibu Kota Negara (IKN). Indikasi lainnya adalah pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum PDIP sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri saat meninjau Persemaian Modern Rumpin di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.

"Presiden Jokowi sudah beberapa kali membahas reshuffle dengan pimpinan parpol dan pihak terkait. Terakhir pada akhir pekan lalu," kata sumber yang mengetahui informasi ini kepada Katadata.co.id, Selasa (22/3).

Jatah buat PAN sempat santer disebut beberapa kali. Terakhir kali isu jatah menteri menguat ketika Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, menemui Presiden Jokowi pada 4 Maret lalu.

Menanggapi kabar tersebut, Juru Bicara PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan pihaknya tidak mengetahui tambahan posisi menteri yang akan diberikan Jokowi. “Kami tidak mengetahui dan mendengar berita tersebut,” ujar Viva saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Perombakan kabinet kali ini juga dikabarkan akan menambah jatah menteri di kabinet dari PDI Perjuangan. "Ada beberapa nama yang jadi calon kuat dari PDIP untuk tambahan kursi menteri," kata sumber tersebut.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin, Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...