PDIP Dikabarkan Bakal Dapat Jatah Tambahan Menteri di Kabinet

Ameidyo Daud Nasution
22 Maret 2022, 16:26
pdip, reshuffle, jokowi, kabinet
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Megawati Soekarnoputri meninjau persemaian Modern Rumpin, Bogor, Jawa Barat pada Kamis (10/3). Foto: Rusman (Biro Pers Sektretariat Presiden)

Bila tak ada aral melintang, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan mengumumkan reshuffle atau perombakan kabinet pada Rabu besok (23/3) yang jatuh pada Rabu pon. Kali ini, Jokowi dikabarkan akan menambah jatah satu menteri untuk PDI Perjuangan.

"Ada beberapa nama yang jadi calon kuat dari PDIP untuk tambahan kursi menteri," kata sumber yang mengetahui informasi ini kepada Katadata.co.id, Selasa (22/3).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id, perombakan kabinet pada pekan ini dipastikan setelah payung hukum Ibu Kota Negara (IKN) rampung yang berlanjut dengan pemilihan Kepala Otorita IKN.  

Indikasi lainnya adalah pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum PDIP sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri saat meninjau Persemaian Modern Rumpin di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.

Meski demikian, politisi PDIP mengaku tak mengetahui kabar perombakan kabinet. Politisi partai banteng Hendrawan Supratikno mengatakan hal tersebut hanya diketahui oleh Megawati.

“Itu (reshuffle) urusan para dewa. Di partai yang tahu hanya Ketua Umum,” kata Hendrawan dalam pesan singkatnya, Selasa (22/3). Adapun Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto hingga berita ini ditulis belum membalas pesan singkat Katadata.co.id.

Saat ini terdapat empat kader PDIP di Kabinet Indonesia Maju. Keempatnya adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati. 

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...