Jokowi Singgung Reshuffle di Hadapan Menteri hingga Kepala Daerah

Rizky Alika
25 Maret 2022, 10:51
Jokowi, reshuffle
Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bermalam Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin, 14 Maret 2022.

Presiden Joko Widodo menyinggung perombakan kabinet (reshuffle) di hadapan para menteri hingga pimpinan pemerintah daerah. Jokowi menyinggung soal reshuffle sebagai mekanisme mengevaluasi kabinet, saat memberikan arahan Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3).

Awalnya, Jokowi menyinggung belanja negara yang masih digunakan untuk membeli produk impor. Mantan pengusaha mebel dan perkayuan itu pun berencana memberikan sanksi kepada pemerintah daerah yang masih membeli produk impor.

Kemudian, Presiden juga meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mencopot direktur utama yang masih membelanjakan barang impor. Sanksi juga diberikan untuk kementerian yang masih membeli produk luar negeri.

"Kementerian, sama saja. Tapi itu bagian saya itu. Reshuffle, sudah. Heh, saya awasi itu," kata Jokowi dalam arahan yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (25/3).

Beberapa pejabat yang hadir dalam pertemuan tersebut yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Terlihat pula Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta para gubernur dari berbagai provinsi.

Sebelumnya, beredar kabar Jokowi akan menggelar reshuffle sejak akhir tahun lalu. Namun, sampai saat ini belum ada kepastian terkait perombakan menteri tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, perombakan kabinet dilakukan setelah payung hukum Ibu Kota Negara (IKN) dan pemilihan Kepala Otorita IKN rampung. Indikasi lainnya ialah pertemuan Jokowi dengan Ketua Umum PDIP sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri saat meninjau Persemaian Modern Rumpin di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...