Kargo Minyak Rusia Terakhir Tiba di AS Sebelum Larangan Impor Berlaku

Muhamad Fajar Riyandanu
21 April 2022, 13:20
Rusia, minyak, AS
ANTARA FOTO/REUTERS/Yoruk Isik/HP/dj
Kapal tanker minyak berbendara Rusia, Pegas, terlihat di pelabuhan di Marmara Ereglisi, bagian barat Turki, 16 Januari 2022.

Sembilan kapal tanker yang membawa minyak mentah dan bahan bakar asal Rusia tiba di Amerika Serikat (AS). Kapal-kapal tersebut kemungkinan yang terakhir dikirim sebelum wind-down yang ditetapkan oleh Washington berakhir minggu ini, sebagaimana dikutip dari Reuters pada Kamis (21/4).

AS bulan lalu menetapkan larangan impor minyak mentah dan produk olahan Rusia. Gedung Putih memberi kesempatan kepada importir minyak Rusia, gas alam cair dan batu bara selama 45 hari di bawah kontrak untuk mengambil kargo.

Advertisement

Tanker Seamagic, yang memuat bahan bakar minyak di pelabuhan Taman Rusia, saat ini terparkir dan menyerahkan muatannya di kilang Valero Energy (VLO.N) St. Charles, Louisiana sejak minggu lalu. Kapal tanker tersebut merupakan yang terakhir dari sembilan unit yang diminta kembali ke AS.

Minerva Ellie, sebuah kapal yang membawa minyak bahan bakar belerang tinggi (HSFO) dan dijual oleh Rosneft Rusia (ROSN.MM), juga menyerahkan muatannya di kilang St. Charles Valero. Menurut data bea cukai AS. Kargo itu disewa oleh pedagang komoditas Vitol.

Vitol menolak berkomentar tentang aktivitas perdagangan. Minerva Marine Inc, yang mengelola Minerva Ellie, dan Thenamaris (Manajemen Kapal), yang mengelola Seamagic, juga menolak berkomentar. Valero tidak segera membalas permintaan komentar.

Data dari Administrasi Informasi Energi menunjukkan, pada tahun lalu, Amerika Serikat mengimpor 672.000 barel per hari minyak mentah dan produk olahan Rusia. Dari jumlah itu, 30% atau 199.000 barel per hari adalah minyak mentah sedangkan 473.000 barel per hari merupakan produk olahan.

Bulan ini, satu kapal tanker minyak mentah dan delapan kapal tanker minyak membawa 6,3 juta barel. Mereka berangkat dari Rusia dan tiba di Pelabuhan AS dan lightering zones yang berada di Teluk Meksiko. Menurut data pelacakan kapal berdasarkan kontrak sewa, tercatat kargo 2 juta barel minyak mentah Caspian Pipeline Consortium (CPC) Blend dan Ural yang berangkat dari Rusia diterima di Delaware,

CPC Blend terdiri dari minyak dari Kazakhstan dan sering dicampur dengan minyak Rusia dan dimuat di pelabuhan Novorossiysk Rusia di Laut Hitam. Larangan AS atas impor Rusia tidak melarang perdagangan minyak mentah CPC, tetapi menyarankan agar minyak mentah asal Rusia harus dipisahkan.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement