Harga CPO Bakal Turun pada Juni Seiring Keran Ekspor Dibuka Indonesia

Yuliawati
Oleh Yuliawati
4 Mei 2022, 16:52
CPO, harga CPO
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Pekerja mengangkut dan menata tandan buah segar kelapa sawit saat panen di Desa Jalin, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Senin (23/8/2021).

Harga minyak nabati diperkirakan akan melandai dan turun mulai Juni. Harga minyak nabati diperkirakan turun seiring proyeksi pemerintah Indonesia akan kembali membuka keran ekspor atas minyak sawit mentah (crude palm oil atau CPO) dan produk turunannya. 

CEO Adani Wilmar, Angshu Mallick, mengatakan harga minyak nabati telah melewati puncaknya dan sudah saatnya turun. Harga minyak nabati melonjak sejak Februari karena ketegangan geopolitik dan dampak larangan ekspor oleh Indonesia, dapat turun hingga 15% pada Juni.

"Kami menilai harga minyak nabati telah melewati puncaknya, dan pada Juni, kami akan melihat pasar terkoreksi," kata Mallick dikutip dari The Financial Express, media asal India, Rabu (4/5).

Adani Wilmar merupakan perusahaan produksi dari aneka minyak nabati di India. Perusahaan ini kerjasama antara Grup Adani - konglomerasi di India- dan Grup Wilmar, perusahaan produsen minyak nabati asal Singapura yang banyak memiliki perkebunan di Indonesia.

Adani Wilmar memperkirakan Indonesia bakal mencabut larangan ekspor minyak sawit pada Mei. Bila terus melarang ekspor, Indonesia mengalami kelebihan stok CPO dan produk olahannya. Tempat penyimpanan dan pengolahan minyak sawit pun terbatas. “Mereka bisa menunggu 7-10 atau 15 hari, tetapi mereka harus mengekspor karena mereka tidak memiliki cukup penyimpanan untuk menyimpan minyak," kata Mallick. 

Dia memperkirakan Indonesia akan mencabut larangan ekspor mulai 10 Mei. "Saya rasa pada 10 Mei seharusnya sudah mulai ekspor dan harga harus mulai turun karena tidak ada alasan lagi untuk harga yang lebih tinggi,” katanya 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...