Finlandia dan Swedia Resmi Mendaftar sebagai Anggota NATO

Yuliawati
Oleh Yuliawati
18 Mei 2022, 18:08
NATO, swedia, finlandia
ANTARA FOTO/REUTERS/Johanna Geron/Pool/RWA/dj
Sekjen NATO Jens Stoltenberg menghadiri seremoni menandai permohonan Swedia dan Finlandia menjadi anggota di Brussels, Belgia, Rabu (18/5/2022).

Finlandia dan Swedia secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO pada Rabu (18/5). Pendaftaran ini di tengah invasi Rusia yang terus berlanjut ke Ukraina.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan kepada wartawan bahwa organisasinya secara resmi menerima pendaftaran kedua negara. "Saya menyambut hangat permintaan Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO. Kalian adalah mitra terdekat kami," kata Stoltenberg kepada wartawan setelah menerima surat lamaran dari duta besar kedua negara tersebut, hari ini, dikutip dari Foxnews.

Analis pertahanan yang merupakan mantan Badan Intelijen Pertahanan AS, Rebekah Koffler, mengatakan bergabungnya dua negara tersebut akan mengubah keseimbangan kekuatan antara Rusia dan Barat, di Eropa Utara. "Sebuah kepastian NATO akan menyetujui permohonan keanggotaan Finlandia dan Swedia," kata dia.

NATO yang beranggotakan 30 negara akan membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk menimbang pendaftaran kedua negara tersebut.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyatakan keberatannya bila dua negara Nordik tersebut bergabung. Erdogan menjelaskan alasan keberatannya karena dugaan dukungan Swedia dan negara-negara Skandinavia lainnya terhadap militan Kurdi dan lainnya yang dianggap Turki sebagai teroris.

"Kami mengikuti perkembangan mengenai Swedia dan Finlandia, tetapi kami tidak setuju," kata Erdogan di Istanbul.

Sebelumnya Rusia mengancam mengambil langkah "teknis militer" sebagai respons atas rencana negara tetangganya, Finlandia, dan  Swedia yang hendak bergabung dengan NATO. Ketika itu, Finlandia dan Swedia baru saja mendapatkan jaminan keamanan dari Inggris.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...