Dikabarkan Digeser, Ini Respons Mendag Lutfi Usai Dipanggil Jokowi

Andi M. Arief
14 Juni 2022, 18:09
reshuffle, Lutfi
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Menteri Perdagangan M Lutfi mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR di komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (17/3/2022).

Petinggi partai politik dan para menteri kabinet menghadap Presiden Jokowi hari ini, Selasa (14/6). Kedatangan mereka di tengah menguatnya kabar reshuffle atau perombakan kabinet.

Salah satu yang menghadap Jokowi yakni Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Dia terlihat keluar dari Istana Presiden sekitar pukul 17.40. Lutfi menggunakan batik berwarna cokelat dengan corak kuning.

Advertisement

Lutfi menolak menjawab agenda kunjungannya ke Istana Presiden. Saat ditanya soal isu reshuffle, Lutfi langsung masuk ke dalam mobil sedannya dan menutup pintu.

"(Agendanya di dalam apa pak?) Enggak ada, enggak ada," kata Lutfi di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (14/6).

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Katadata.co.id, terdapat lima hingga enam menteri yang akan digeser. Termasuk salah satunya Lutfi. 

Lutfi merupakan salah satu menteri yang santer dikabarkan akan diganti.  Desakan ini di antaranya datang dari politisi PDIP Masinton. Dia  mengatakan, Menteri yang perlu direshuffle adalah yang gagal mengatasi masalah ketersediaan dan harga minyak goreng. Hal itu karena kegagalan dalam mengurus minyak goreng berpengaruh pada kinerja Jokowi.

Petinggi partai politik berdatangan ke Istana Negara hari ini, Selasa (14/6). Kedatangan para petinggi ini di tengah menguatnya kabar reshuffle atau perombakan kabinet. 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga menjabat Ketua Umum Gerindra datang pukul 16.20 WIB. Sebelumnya Ketua Umum NasDem Surya Paloh juga bertandang ke Istana Negara di waktu yang berbeda.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pun tampak mendatangi kantor presiden Jokowi. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan pun dikabarkan mengunjungi istana. 

Belakangan ini berhembus kabar Presiden Joko Widodo dikabarkan akan menggelar reshuffle kabinet pada 15 Juni 2022. Berdasarkan penangalan kalender Jawa, tanggal tersebut jatuh pada Rabu Pahing, salah satu hari favorit Jokowi dalam mengambil keputusan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement