Kebutuhan Baja RI Naik, Krakatau Steel Genjot Pangsa Pasar Domestik

Andi M. Arief
28 Juli 2022, 09:43
baja, Krakatau Steel
Agung Samosir|KATADATA
Proses pembuatan baja PT Krakatau Steel.

PT Krakatau Steel Tbk atau KRAS membidik meningkatkan pangsa pasar baja di dalam negeri seiring meningkatnya kebutuhan domestik.  Untuk itu, perusahaan bakal meningkatkan utilisasi pabrik  sepanjang 2022 menjadi 80% dari kapasitas terpasang saat ini. 

Pada 2021, emiten industri baja berkode KRAS ini memimpin pangsa pasar baja canai panas atau HRC sebesar 40,3%. Sementara itu, pangsa pasar KRAS dalam pasar baja canai dingin atau CRC adalah 20,6%.

Direktur Komersial KRAS Melati Sarnita  mengatakan peningkatan pangsa pasar dalam negeri seiring proyeksi pertumbuhan kebutuhan baja nasional tahun 2022 sebesar 5%. Perusahaan akan memenuhi kebutuhan dalam negeri dengan menambah kapasitas produksi melalui pabrik HSM#2. 

"Selain itu dukungan pemerintah melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan substitusi impor, KRAS memiliki keyakinan dapat meningkatkan pangsa pasar di tahun 2022 ini," kata dalam jawaban tertulis kepada Katadata.co.id, dikutip Kamis (28/7).

Kapasitas terpasang adalah kemampuan produksi maksimal sebuah pabrik dalam setahun. Sementara itu, utilisasi adalah presentasi antara realisasi produksi dan kapasitas terpasang dalam kurun waktu tertentu.

Dengan target utilisasi KRAS sebesar 80%, target produksi HRC dan CRC pada 2022 adalah 3,1 juta ton atau naik 11% secara tahunan. Pada 2021, total produksi KRAS mencapai 2,7 juta ton.

Melati memperkirakan utilisasi KRAS dapat menyentuh 85% lantaran pabrik HSM#2 telah beroperasi. Artinya, realisasi produksi KRAS dapat mencapai 3,34 juta ton atau naik 24% dari capaian 2021.

KRAS saat ini memiliki kapasitas terpasang sebanyak 3,9 juta ton per tahun dari dua pabrik produksi baja, yakni HSM#1 dan HSM#2. Adapun, kapasitas terpasang HSM#1 adalah 2,4 juta ton per tahun, sedangkan kapasitas terpasang HSM#2 pada tahun ini adalah 1,5 juta ton.

Adapun target volume ekspor KRAS pada tahun ini adalah 270.000 ton. Target tersebut hanya lebih tinggi 2,77% dari realisasi ekspor KRAS 2021 sebanyak 262.715 ton.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...