Jokowi Cairkan Bansos BBM Buat Pekerja Rp 600 ribu Hari Ini

Rizky Alika
9 September 2022, 13:54
bansos BBM, pekerja
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/nym.
Petugas memotret buruh rokok saat menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kudus, Jawa Tengah, Jumat (2/9/2022).

Pemerintah mulai mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang merupakan bantuan sosial pengalihan subsidi BBM atau Bansos BBM mulai hari ini. Penerima bansos BBM pekerja ini akan memperoleh uang tunai sebesar Rp 600 ribu yang dibayarkan sekaligus.

Penyaluran bansos BBM untuk pekerja tahap pertama disalurkan melalui rekening bank himbara, yaitu Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Tabungan Negara.

Adapun penyaluran BSU tahap berikutnya melalui kantor PT Pos Indonesia, ATM Bank Central Asia, toko Indomaret, atau menunggu diantar oleh petugas Pos.

Jumlah penerima BSU pada tahun ini mencapai 16,24 juta pekerja. Namun, ada 1,6 juta pekerja yang tidak memenuhi persyaratan untuk menerima BSU.

Untuk itu, penerima BSU yang telah ditetapkan pemerintah berjumlah 14,63 juta pekerja. Dari jumlah itu, ada sekitar 7-8 juta pekerja yang menerima BSU tahap pertama.

Pekerja dapat mengecek apakah mendapatkan bansos BBM untuk pekerja atau BSU dengan cara mengecek status penerima. Berikut langkahnya:

1. kunjungi laman bsu.kemnaker.go.id
2. daftar akun
3. apabila belum memiliki akun, lakukan pendaftaran akun. Masukkan data dengan lengkap dan aktivasi akun menggunakan kode OTP yang dkirim ke nomor handphone
4. log in akun yang sudah didaftar. Kemudian, lengkapi profil di akun tesebut
5. lengkapi profil biodata diri, yaitu foto profil, tentang diri, status pernikahan, dan tipe lokasi
6. cek pemberitahuan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...