Tiga Proyek Strategis Jalan Tol Bakal Molor Setelah Pilpres 2024

Andi M. Arief
12 September 2022, 17:18
jalan tol,
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Foto udara pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan di Puarta, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).

Tidak semua proyek strategis nasional atau PSN pada jalan tol akan rampung pada 2024. Beberapa PSN jalan tol yang proses pembangunannya masih akan terus berlanjut setelah 2024 adalah Tol Gilimanuk-Mengwi, Tol Solo-Kulonprogo, dan Gedebage-Cilacap.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan tidak semua PSN jalan tol harus tuntas. Namun, sebagian besar PSN jalan tol harus rampung sebelum 2024. "Konstruksi PSN Jalan tolnya sudah mulai, jadi tidak ada alasan untuk tidak dilanjutkan," kata Danang kepada Katadata.co.id di Bali, dikutip Senin (12/9).

Advertisement

Untuk Tol Gilimanuk-Mengwi, Danang mengatakan konstruksi jalan bebas hambatan kedua di Pulau Dewata tersebut akan rampung secara penuh secepatnya pada 2025. Target konstruksi tahap I ditargetkan secepatnya pada 2023, sedangkan konstruksi tahap II baru dilakukan paling cepat pada akhir 2023.

Pada konstruksi tahap pertama, bagian yang akan dibangun adalah Seksi 2 Pekutatan-Soka, dan Seksi 3 Soka-Mengwi dengan total panjang 42,1 kilometer (Km). Danang mengatakan kedua seksi tersebut dibangun lebih dulu lantaran memiliki derajat kepentingan yang lebih tinggi dari seksi Gilimanuk-Pekutatan sepanjang 54,75 Km

"Jalur dari Denpasar ke Pekutatan akan mengakomodasi pergerakan masyarakat yang cukup banyak. Sementara itu, lalu lintas Gilimanuk-Pekutatan masih bisa dikelola," kata Danang.

Tol Gilimanuk-Mengwi akan dikelola oleh PT Tol Jagat Kerthi Bali. Total investasi yang ditanamkan dalam jalan bebas hambatan tersebut adalah Rp 24,62 triliun dengan biaya konstruksi senilai Rp 16,41 triliun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement