Bertemu Jokowi, Cak Imin Usul Harga BBM Turun untuk Sepeda Motor

Andi M. Arief
31 Oktober 2022, 12:58
Cak Imin, Harga BBM
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengkaji kebijakan penurunan harga bahan bakar minyak atau BBM bagi sepeda motor dan angkutan umum.

"Harga BBM turun khusus sepeda motor dan angkutan umum. Tapi tadi masih dihitung lagi karena pemilik sepeda motor itu jumlahnya 70 juta," kata Cak Imin usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (31/10).

Cak Imin beserta para petinggi DPP PKB pada Senin ini diterima oleh Presiden Jokowi. Cak Imin mengatakan menyampaikan kepada Jokowi hasil rekomendasi 5.000 kader utama PKB. Kader PKB terdiri dari anggota partai, anggota legislatif, dan anggota eksekutif.

Rekomendasi itu memuat juga soal distribusi pupuk, pemanfaatan bonus demografi, dan harga listrik. "Presiden memberikan penekanan terutama untuk milenial. Angkatan muda ini akan betul dijalankan melalui stressing dan refocusing anggaran," kata Cak Imin.

Terkait generasi milenial, Cak Imin menyarankan pemerintah untuk menggenjot pembukaan lapangan kerja agar dapat memanfaatkan bonus demografi dari generasi milenial. Menurutnya, hal ini penting lantaran bonus demografi di dalam negeri hanya akan berlangsung hingga 2030.

Setelah 2030, Cak Imin menilai generasi milenial akan menua dan mencatatkan penurunan produktivitas. Oleh karena itu, Cak Imin berpendapat penyerapan tenaga kerja harus digenjot hingga 2030.

Cak Imin menawarkan agar pemerintah memberikan akses kredit tanpa agunan dan tanpa bunga kepada generasi milenial. Selain itu, Cak Imin mendorong pemerintah untuk memberikan generasi mudah akses teknologi dan keahlian.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...