Menteri Rusia Pulang Tinggalkan G20 Sebelum Rudal Jatuh di Polandia

Andi M. Arief
16 November 2022, 10:01
G20, Rusia
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/M Risyal Hidayat/wsj.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kiri) menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov (kanan) saat menghadiri Welcoming Dinner and Cultural Performance KTT G20 di kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dikabarkan telah kembali ke Rusia Selasa malam (15/11). Rusia menjadi sorotan karena dikabarkan menembakkan rudal ke Polandia pada hari ini yang bersamaan dengan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20.

"Benar Menteri Luar Negeri Rusia telah kembali ke Rusia kemarin," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah di sela-sela KTT G20 di Bali International Convention Centre atau BICC, Rabu (16/11).

Faizaysah tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai keberangkatan Lavrov kemarin. Dia menjelaskan jadwal keberangkatan dan kedatangan delegasi negara menyangkut aspek keamanan.

Sebelum kepulangannya, Lavrov sempat hadir dalam pembukaan dan agenda KTT G20 pada Selasa (15/11). Dia juga sempat menghadiri Gala Dinner yang berlangsung Selasa malam. Ketika itu, dia disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

Dilansir dari AFP, kabar kepulangan Menteri Lavrov telah dimuat kantor berita Rusia, RIA Novosti. Menteri Lavrov dikabarkan diganti dengan Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov.

Saat Lavrov mendarat di Bali pada Senin (14/11), beredar kabar dia dilarikan ke rumah sakit. Pihak Rusia membantah kabar tersebut.

Awalnya kabar ini disiarkan dari Associated Press. Sedangkan Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan Lavrov mengunjungi Rumah Sakit Sanglah di Denpasar untuk memeriksakan kondisinya. "Ia dalam kondisi yang sehat, setelah check up, ia langsung pergi," kata Koster dikutip dari Reuters, Senin (14/11).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...