Ada Subsidi Mobil Listrik, Harga Wuling Air EV Bisa Rp 158 Juta

Penjualan mobil listrik Wuling Air EV mendominasi pasar nasional.
Yuliawati
16 Desember 2022, 15:21
Wuling, mobil listrik, subsidi mobil listrik
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.
Pengunjung mengamati mobil listrik Wuling Air ev yang dipamerkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (12/8/2022).

Pemerintah sedang menggodok insentif atau subsidi pembelian mobil listrik berbasis baterai dan hybrid.  Subsidi hanya akan diberikan bagi konsumen yang membeli mobil atau motor listrik buatan pabrik di Indonesia.

Saat ini, baru dua produsen yang memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia yaitu Hyundai dan Wuling.  Dengan perkiraan subsidi untuk mobil listrik berbasis baterai sebesar Rp 80 juta per unit, maka harga mobil listrik buatan Wuling jenis Air EV Standard Range bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 158 juta. 

Adapun subsidi untuk mobil hybrid senilai Rp 40 juta per unit. Sejauh ini baru Suzuki, Wuling, dan Toyota yang mulai meluncurkan mobil hybrid buatan pabrik Indonesia. 

 

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan salah satu tujuan dari pemberian insentif ini adalah untuk mempercepat realisasi investasi industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Dengan ada insentif mobil listrik, kita akan memaksa produsen dunia untuk mempercepat realisasi investasi kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya melalui video konferensi pers yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Kamis (15/12).

 

Daftar tipe mobil listrik Wuling yang berhak dapat subsidi Rp 80 juta:

1. Air ev - Long Range with Charging Pile
Harga OTR Jakarta: Rp 311 juta
Harga subsidi: Rp 231 juta

2. Air ev Long Range
Harga OTR Jakarta: Rp 295 juta
Harga subsidi: Rp 215 juta

3. Air ev Standard Range
Harga OTR Jakarta: Rp 238 juta
Harga subsidi: Rp 158 juta

Daftar tipe mobil  hybrid Wuling yang berhak dapat subsidi Rp 40 juta:

1. Almaz Hybrid
Harga OTR Jakarta: Rp 470 juta
Harga subsidi: Rp 430 juta

2. Almaz RS Pro
Harga OTR Jakarta: Rp 399 juta
Harga subsidi: Rp 359 juta

3. Almaz RS EX
Harga OTR Jakarta: Rp 364 juta
Harga subsidi: Rp 324 juta

4. Almaz
Harga OTR Jakarta: Rp 278,5 juta
Harga subsidi: Rp 238,5 juta

 

Saat ini Wuling kian mendominasi pasar mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) di Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan whole sale mobil listrik Wuling Air EV tipe Long Range di pasar domestik sudah mencapai 4.799 unit selama periode Januari-November 2022.

Volume penjualan Wuling sangat jauh melampaui merek-merek pesaingnya yaitu Hyundai, Nissan, Lexus, Mini Cooper, Toyota, dan DFSK. Berikut rincian volume penjualan mobil listrik BEV di Indonesia periode Januari-November 2022: 

 

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait