Ada Subsidi Mobil Listrik, Harga Wuling Air EV Bisa Rp 158 Juta

Yuliawati
Oleh Yuliawati
16 Desember 2022, 15:21
Wuling, mobil listrik, subsidi mobil listrik
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa.
Pengunjung mengamati mobil listrik Wuling Air ev yang dipamerkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (12/8/2022).

Pemerintah sedang menggodok insentif atau subsidi pembelian mobil listrik berbasis baterai dan hybrid.  Subsidi hanya akan diberikan bagi konsumen yang membeli mobil atau motor listrik buatan pabrik di Indonesia.

Saat ini, baru dua produsen yang memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia yaitu Hyundai dan Wuling.  Dengan perkiraan subsidi untuk mobil listrik berbasis baterai sebesar Rp 80 juta per unit, maka harga mobil listrik buatan Wuling jenis Air EV Standard Range bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 158 juta. 

Adapun subsidi untuk mobil hybrid senilai Rp 40 juta per unit. Sejauh ini baru Suzuki, Wuling, dan Toyota yang mulai meluncurkan mobil hybrid buatan pabrik Indonesia. 

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan salah satu tujuan dari pemberian insentif ini adalah untuk mempercepat realisasi investasi industri kendaraan listrik di Indonesia.

"Dengan ada insentif mobil listrik, kita akan memaksa produsen dunia untuk mempercepat realisasi investasi kendaraan listrik di Indonesia," ujarnya melalui video konferensi pers yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Kamis (15/12).

Daftar tipe mobil listrik Wuling yang berhak dapat subsidi Rp 80 juta:

1. Air ev - Long Range with Charging Pile
Harga OTR Jakarta: Rp 311 juta
Harga subsidi: Rp 231 juta

2. Air ev Long Range
Harga OTR Jakarta: Rp 295 juta
Harga subsidi: Rp 215 juta

3. Air ev Standard Range
Harga OTR Jakarta: Rp 238 juta
Harga subsidi: Rp 158 juta

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...