KAI Uji Coba Lanjutan Kereta Api Berbahan Bakar LNG

Miftah Ardhian
14 November 2016, 15:35
Kereta
Arief Kamaluddin | Katadata

PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih membutuhkan waktu merealisasikan rencana penggunaan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) sebagai bahan bakar lokomotif kereta api. Untuk itu, KAI bakal melakukan uji coba lanjutan. 

Uji coba penggunaan LNG ini sebenarnya sudah berhasil dilakukan, terutama untuk kereta api pembangkit, oleh KAI bersama PT Pertamina (Persero). Namun, KAI masih memerlukan kajian dan uji coba lebih lanjut untuk menjadikan LNG sebagai bahan bakar lokomotif kereta api penumpang.

Advertisement

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, rencana penggunaan LNG untuk bahan bakar kereta api  sampai saat ini masih dalam tahap pengkajian dan percobaan. Keberhasilan uji coba pertama pada kereta pembangkit memang menambah optimisme penggunaan LNG untuk lokomotif.

(Baca: Uji Coba Berhasil, Kereta Api Akan Berbahan Bakar LNG)

Sedangkan uji coba lebih lanjut diperlukan untuk memastikan penggunaan LNG ini tidak akan berdampak negatif apapun. "Kalau kereta pembangkitnya done, maka selanjutnya kami uji coba untuk lokomotifnya dengan bahan bakar gas," ujar Edi di Jakarta, Senin (14/11).

Apabila uji coba lanjutan tersebut berhasil, maka pihak KAI akan segera merealisasikan rencana penggunaan LNG sebagai salah satu bahan bakar lokomotif kereta api. Namun, Edi belum bisa memastikan kapan rencana itu dapat direalisasikan, termasuk kebutuhan gasnya dan nilai penghematan dari penggunaan jenis bahan bakar tersebut.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement