Lampaui Target, Proyek Kilang RDMP Balikpapan Pertamina Capai 46,9%

Image title
10 Januari 2022, 14:14
pertamina, kilang pertamina, kilang balikpapan
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, meninjau proyek RDMP Kilang Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (8/1/2022).

Proyek pengembangan kilang minyak milik PT Pertamina (Persero) terus berjalan di tengah pandemi. Perusahaan energi pelat merah ini telah merampungkan pengerjaan fisik megaproyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur sebesar 46,9% hingga akhir tahun 2021. Pengerjaan ini melampaui target yang diproyeksikan sebelumnya sebesar 45,5%.

Capaian ini meliputi empat komponen utama, yakni engineering, procurement, construction, dan commissioning. Melihat capain itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati optimistis proyek RDMP Balikpapan dapat onstream alias berproduksi sesuai target pada tahun 2024.

"Sebuah pencapaian yang lebih tinggi dari target forecast kami," kata Nicke saat mengunjungi megaproyek RDMP Kilang Balikapapan, Sabtu (8/1).

Bersamaan dengan pembangunan RDMP Balikpapan, Pertamina melakukan ekspansi pembangunan terminal crude oil di Lawe-Lawe, Kabupaten Penajam Paser Utara. Proyek ini meliputi jalur pipa lepas pantai (offshore) dan darat (onshore) sepanjang total 41 kilometer dan dua tangki raksasa kapasitas 2 juta barel yang akan menjadi komponen penunjang Terminal Lawe-Lawe.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Djoko Priyono mengungkapkan, masalah utama yang dihadapi Pertamina dalam pembangunan megaproyek ini adalah pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak dua tahun terakhir.

"Pembangunan tetap jalan terus. Tapi ada masalah-masalah pengiriman," katanya. Ia mencontohkan, hambatan pengiriman material proyek kilang di Terusan Panama pada bulan lalu.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan, Yura Syahrul
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...