Kepercayaan Investor Pulih, Pasar Saham Menguat

Image title
Oleh
23 Juli 2014, 11:34
Saham KATADATA | Arief Kamaludin
Saham KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ?  Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka menguat pada hari ini pasca pengumuman Komisi Pemilihan Umu (KPU) yang memenangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Situasi yang kondusif mengembalikan kepercayaan investor setelah kemarin pasar saham mengalami pelemahan.

Pada menit-menit awal dibuka, IHSG naik 21,3 poin ke level 5.104,83 dibanding penutupan hari sebelumnya 5.083,52. Indeks terus melaju naik 56 poin menjadi 5.139,67 pada hari ini.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya memperkirakan perdagangan hari ini akan bergerak di teritori positif, di kisaran 5.002-5.154. Menurutnya arus modal yang masuk tetap tinggi karena investor melihat kondisi ekonomi dan politik Indonesia yang masih terkendali pasca pengumuman presiden.
"Inflow masih akan tinggi karena adanya kepercayaan investor, adanya kestabilan politik," ujarnya kepada Katadata, Rabu 23 Juli 2014.

Potensi indeks ke depan diperkirakan masih akan menguat dengan alasan fundamental, bahwa ekonomi Indonesia dipandang masih cukup kuat seperti inflasi yang rendah dan cadangan devisa yang tumbuh di saat ancaman penarikan stimulus Bank Sentral Amerika.

Analis Teknikal Mandiri Sekuritas Fath Aliansyah Budiman menambahkan dana asing yang masuk semakin deras ke pasar modal seiring kondusifnya kondisi keamanan pasca ditetapkannya Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2014-2019.

Analis Teknikal Bahana Securities Chandara Widjanarka memperkirakan indeks hari ini berada di posisi support 4.970 dan berpotensi menguat di di level 5.165. Pada perdagangan kemarin, 22 Juli 2014, investor asing melakukan pembelian bersih senilai Rp 6 miliar, sehingga menekan pelemahan indeks yang sempat anjlok 110 poin menjadi hanya menurun 43 poin saat penutupan.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...