Tim Ekonomi Jokowi Diharapkan dari Kalangan Teknokrat

Image title
Oleh
30 Juli 2014, 08:28
Jokowi & JK KATADATA | Arief Kamaludin
Jokowi & JK KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pelaku pasar menginginkan kabinet ekonomi yang akan dipilih Joko Widodo berasal dari teknokrat atau kalangan profesional. Karena bisa lebih memahami persoalan teknis dibidang ekonomi.

Ekonom Standard Chartered Indonesia Fauzi Ichsan, bahkan menyodorkan beberapa nama yang dianggapnya mampu dan memiliki kompetensi dalam masalah ekonomi dan keuangan. Untuk posisi sebagai menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dia menyarankan yang pernah menduduki jabatan sebagai Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia sehingga memahami sisi teknis kebijakan fiskal dan moneter. Nama yang diajukannya yaitu mantan Gubernur BI Darmin Nasution. 

Sedangkan untuk posisi sebagai Menteri Keuangan dia mengusulkan tiga nama  yaitu Wakil Menteri keuangan Bambang Brodjonegoro, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Fuad Rahmany, dan Kepala Badan Kebijakan Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar.

Sebagai pelaku pasar dia menyarankan nama-nama tersebut karena dianggap mengerti masalah teknis karena bisa menjelaskan dan melakukan negosiasi dengan  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam memutuskan kebijakan, serta memahami masalah fiskal, pajak, dan bea cukai. 

Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti juga berharap bahwa untuk kabinet Jokowi berasal dari kalangan profesional, untuk posisi sebagai menteri ekonomi dia menyarankan supaya tidak berasal dari anggota partai politik. "Pos (menteri ekonomi dan keuangan) itu jangan dari partai, supaya bisa lebih objektif," terangnya.

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...