Kegagalan Koalisi Jokowi Bisa Turunkan Ekspektasi Publik

Image title
Oleh
3 Oktober 2014, 11:47
Joko Widodo KATADATA | Arief Kamaludin
Joko Widodo KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA – Kekalahan beruntun yang dialami koalisi partai pendukung presiden terpilih Joko Widodo di parlemen dapat menimbulkan berkurangnya ekspektasi terhadap efektivitas pemerintahannya.

Hal ini tercermin pada turunnya indeks harga saham gabungan (IHSG) hingga 2,73 persen pada perdagangan kemarin. Sebelumnya pada 26 September lalu, IHSG tercatat turun 1,6 persen setelah sidang paripurna DPR memutuskan mengesahkan RUU Pemilihan Kepada Daerah.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Dodi Ambardi mengatakan, terutama di mata investor pasar keuangan, kekalahan beruntun tersebut menunjukkan tantangan yang bakal dihadapi Jokowi sangat besar. (Baca: Pasar Khawatir Jokowi Kalah dalam Pilpres)

Dengan komposisi kursi yang lebih kecil, mereka mengkhawatirkan jika kebijakan yang dibuat oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut akan terus direcoki oleh parlemen.

“Investor di pasar saham kan sangat memperhatikan kestabilan jalannya pemerintahan,” kata Dodi saat dihubungi Katadata, Jumat (3/10). (Baca: IHSG Jatuh karena Koalisi Jokowi Gagal Kuasai Parlemen)

Ada banyak celah yang dapat dilakukan oleh koalisi Prabowo untuk mengganjal jalannya pemerintahan Jokowi. Mereka bisa menggunakan sejumlah hak konstitusional DPR , seperti interpelasi atau hak angket.

Hal ini, menurut dosen di Universitas Gadjah Mada ini, dapat menciptakan kekacauan di tingkat elite, sehingga menimbulkan kesan situasi politik yang tidak stabil. Namun, kondisi ini bisa menjalar ke ranah publik bilamana ada kebijakan yang memengaruhi kehidupan masyarakat tidak dapat diimplementasikan karena diganggu oleh DPR.

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...