Inilah Proyek Kementerian Perhubungan Tahun Ini

Safrezi Fitra
20 April 2015, 20:00
pelabuhan peti kemas
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Kementerian Perhubungan menyebut tahun ini akan fokus mengerjakan proyek infrastruktur yang nilai keekonomiannya rendah, tapi penting untuk kehidupan masyarakat. Ada 29 proyek infrastruktur transportasi darat, laut, udara, dan perkeretaapian yang akan dikerjakan tahun ini.

Menteri Perhubungan Ignatius Jonan merinci ada 10 proyek terkait transportasi laut, delapan proyek transportasi darat, enam proyek transportasi udara, dan lima proyek perkeretaapian. Keseluruhan proyek ini dikerjakan dengan menggunakan anggaran kementerian tahun ini.

Kementerian Perhubungan mendapatkan Rp 64,9 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015. Angka ini naik Rp 20 triliun dari alokasi dalam APBNP 2015 yang hanya Rp 44,9 triliun.

Di sektor transportasi laut, kata Jonan, kementerian akan menambah armada kapal dan membangun pelabuhan.  ?Dari 170 pelabuhan yang kami rombak, ada 8 dan 10 merupakan pelabuhan baru yang akan kami bangun tahun ini,? kata Jonan saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (21/4).

Untuk pembenahan sektor transportasi darat, Jonan akan melakukan perbaikan menyeluruh pada infrastruktur terminal bus dan juga penyeberangan antar pulau. Standar pelayanan  minimal transportasi darat akan dibuat lebih baik, mencontoh stasiun-stasiun kereta di Jakarta saat ini.

Pembenahan transportasi udara akan dilakukan dengan membangun bandar udara di daerah-daerah yang sulit diakses dan rawan bencana. Landasan pacu di beberapa bandar udara juga akan diperpanjang, agar bisa disinggahi pesawat besar.

Sedangkan untuk sektor transportasi kereta api, Jonan berjanji untuk tetap melanjutkan pembangunan rel di pulau selain Jawa seperti jalur kereta api Makassar Pare-Pare sebagai bagian dari jaringan kereta api Sulawesi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...