Pertamina Bangun Tiga Kilang Tahun ini

Safrezi Fitra
18 Mei 2015, 18:50
Katadata
KATADATA
Kilang Plaju

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) menargetkan dapat membangun tiga kilang baru tahun ini dengan kapasitas masing-masing 300.000 barel per hari. Dua kilang akan dibangun di Indonesia bagian barat dan satu lagi di Indonesia timur.

Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan pembangunan kilang minyak baru ini dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dengan swasta (KPS). Tidak  menutup kemungkinan, Pertamina akan kembali menggandeng mitra lama yang sempat akan merealisasikan hal ini, seperti Saudi Aramco.

"Tempatnya (lokasi) sudah jelas ditentukan, tapi tidak bisa kami sampaikan. Nanti ada yang spekulasi terhadap pembebasan lahan," ujar dia di Kantor Pertamina, Jakarta, Senin (18/5). 

Meski demikian, dia menyebut proyek kilang di daerah timur, akan dibangun di Bontang, Kalimantan Timur. Alasannya, lahan yang ada di Bontang sudah tersertifikasi untuk pembangunan kilang. Selain itu, kapasitas kilang lama di daerah tersebut, banyak yang sudah tidak bisa digunakan. Dari delapan train yang ada, hanya empat yang bisa terpakai.

Dengan menggunakan lahan di kilang Bontang, pembangunan kilang baru akan lebih cepat dan efisien. Tidak perlu lagi melakukan pembebasan lahan dan membangun infrastruktur penunjang. Pembangunan kilang bisa memakan waktu hingga tujuh tahun. Namun, jika lahan dan infrastruktur penunjangnya sudah siap, pembangunan kilang bisa dipercepat menjadi empat tahun.

Selain membangun kilang baru, Pertamina melalui program Refining Development Master Plan (RDMP), juga merevitalisasi empat kilang yang sudah ada. Keempat kilang tersebut berada di Balongan, Cilacap, Balikpapan, dan Dumai. 

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...