Lima Negara OPEC Siap Pasok Minyak dan Bangun Kilang di Indonesia

Safrezi Fitra
8 Juni 2015, 11:46
Kilang Minyak
KATADATA

KATADATA ? Pertemuan bilateral pemerintah Indonesia dengan negara-negara anggota OPEC membuahkan hasil. Lima negara produsen minyak, yakni Arab Saudi, Kuwait, Irak, Uni Emirat Arab, dan Angola menyatakan komitmennya untuk memasok minyak mentah dan membangun kilang di Indonesia.

?Pertemuan-pertemuan tersebut mendapatkan hasil yang positif, yakni negara-negara tersebut menyatakan dukungan untuk membuka peluang berinvestasi di sektor migas,? ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, dalam keterangannya, pekan lalu.

Advertisement

Pertemuan delegasi Indonesia yang diwakili Sudirman Said dengan Menteri Petroleum Angola José Maria Botelho de Vasconcelos membahas beberapa peluang kerjasama. Salah satu kerjasamanya adalah mengenai kesiapan Angola memasok minyak mentah (crude oil) untuk Indonesia.

Indonesia membutuhkan pasokan minyak mentah lebih besar dari yang saat ini telah dipasok Angola. Apalagi dengan adanya proses revitalisasi yang bisa meningkatkan kapasitas kilang PT Pertamina (Persero) dari 800.000 barel per hari (bpd) menjadi 1,6 juta bpd. Saat ini Angola memasok minyak mentah sebesar 1 juta barel per bulan, atau sekitar 33.333 bpd.  

Di sektor hulu, pemerintah Indonesia juga mendorong Pertamina dan perusahaan minyak Angola, Sonangol, bekerjasama melakukan eksplorasi dan eksploitasi di ladang-ladang minyak Angola. Kerjasama ini juga diteruskan hingga ke hilir, dengan membangun kilang bersama di Indonesia.

Pertemuan dengan pemerintah Arab Saudi juga membahas hal yang sama. Bahkan Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali Al-Naimi berkomitmen untuk mendorong perusahaan minyak nasionalnya, Saudi Aramco, secara profesional berinvestasi dalam pembangunan kilang di Indonesia. Arab Saudi merasa pembangunan kilang ini penting untuk menjaga keberlangsungan pasokan minyak mentah jangka panjang ke Indonesia.

Halaman:
Reporter: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement