Kembangkan Kawasan Ekonomi, Swasta Berencana Bangun Lima Tol

Muchamad Nafi
11 Desember 2015, 17:06
Tol Cipularang, Jawa Barat
Ahmad Yunus | Katadata

KATADATA - Di tengah kelesuan ekonomi, rupanya para pengusaha optimistis menghadapai tahun depan. Hal itu terlihat dari rencana mereka untuk mengembangkan sejumlah ruas jalan tol baru.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menerima usulan pembangunan lima jalur bebas hambatan itu dari swasta. Inisiatif tersebut akan dikaji lebih mendalam sebelum direalisasikan. Direktur Jenderal Bina Marga Hediyanto W. Husaini mengatakan kelima ruas tol tersebut yaitu tol Serang - Panimbang, Jakarta - Cikampek II, Cileunyi - Tasikmalaya, Tegal - Cilacap, serta Kediri - Kertosono.

“Mereka mengajukan usulan itu, tapi dari kami juga ada kajian sendiri,” kata Hediyanto usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis, 10 Desember 2015. (Baca: Pemerintah Sukses Bebaskan 3,5 Ribu Hektare Lahan Tol).

Menurut Hediyanto, pihak swasta tertarik membangun ruas tol tersebut karena mereka juga mengembangkan kawasan industri atau kawasan bernilai ekonomi lainnya. Salah satu contohnya adalah Serang - Panimbang yang diinisiasi oleh PT Jababeka untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Ada juga badan usaha milik negara seperti Jasa Marga yang sedang mensurvei kelayakan ruas Kediri - Kertosono.

Adapun untuk ruas Jakarta - Cikampek II, kata Hediyanto, ruas tersebut diincar tiga perusahaan, yakni PT Jasa Marga, PT JTI, serta investor asal Malaysia, UEM Group Berhad. Mereka bersepakat untuk menjadi konsorsium pemrakarsa ruas tol ini. “Untuk ruas itu sudah masuk jaringan jalan tol nasional,” ujar Hediyanto.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...